Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEROR PENEMBAKAN MUNCHEN: Sedikitnya 9 Orang Tewas

Presiden Jerman Joachim Gauck dan Menteri Luar Negeri Frank-Walter Steinmeier telah menyampaikan kekhawatiran mereka setelah penembakan di Munchen --yang menewaskan sedikitnya sembilan orang-- pada Jumat malam (22/7).
Ilustrasi penembakan/Antara
Ilustrasi penembakan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Presiden Jerman Joachim Gauck dan Menteri Luar Negeri Frank-Walter Steinmeier telah menyampaikan kekhawatiran mereka setelah penembakan di Munchen --yang menewaskan sedikitnya sembilan orang-- pada Jumat malam (22/7).

"Serangan di Munchen tersebut sangat mengejutkan saya," kata Gauck sebagaimana dikutip di dalam siaran pers Kantor Presiden. Perasaannya bersama korban dan semua orang berduka atau mengkhawatirkan keadaan orang yang mereka cintai, katanya.

"Dan saya merasa memiliki hubungan dengan semua yang melakukan operasi guna melindungi dan menyelamatkan nyawa." Sementara itu, Steinmeier juga mengatakan di akun Twitternya bahwa ia sagat terkejut oleh serangan tersebut.

"Saya memikirkan orang-orang di Munchen. Senang mengetahui bahwa teman kami di Eropa dan dunia mendukung kita," katanya di akun Twitternya.

"Harapan kami bersama korban serangan tersebut, dan bahkan bersama personel polisi yang mempertahankan keamanan serta kebebasan kita," kata Kepala Kantor Kanselir Federal Jerman Peter Altmaier kepada stasiun televisi Jerman ZDF pada Jumat malam mengenai serangan di Munchen. Kanselir Jerman Angela Merkel, yang sedang berlibur sejak Jumat, terus diberitahu, kata Altmaier, sebagaimana diberitakan Xinhua, Sabtu pagi.

Ia menambahkan para menteri terkait sedang dalam perjalanan ke Berlin. "Kami akan membahas situasi besok di kabinet keamanan federal Jerman." Sementara itu, sebagaimana dilaporkan media Jerman Zeit Online Menteri Dalam Negeri jerman Thomas de Maiziere telah membatalkan perjalanannya ke Amerika Serikat segera setelah penembakan di Munchen.

Menteri tersebut ingin segera terbang kembali ke Jerman, setelah pesawatnya mendarat di New York. Kementerian Dalam Negeri Jerman mengumumkan di satu akun Twitter bahwa de Maziere dijadwalkan mendapatkan gambaran mengenai situasi di lokasi penembakan pada Sabtu pagi di Munchen.

Jumlah orang yang tewas dalam penembakan di pusat pertokoan Munchen naik jadi sembilan, demikian keterangan terkini yang diumumkan kepolisian Munchen di akun Twitter mereka pada Jumat malam.

Sebelumnya polisi mengumumkan di Twitter delapan korban tewas, tapi kemudian mereka mengubahnya setelah kemungkinan satu orang lagi meinggal. Polisi dalam siaran pers terkini juga mengkonfirmasi "beberapa orang cedera, tapi jumlahnya belum diketahui".

Namun media lokal Jerman, Bayerishcer Rundfunk melaporkan sebanyak 20 orang yang cedera kini dirawat di beberapa rumah sakit. Saat ini, belum ada tersangka pelaku yang ditangkap. Pencarian mereka dilakukan dengan cepat, kata polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper