Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revisi UU Pemilu: Demokrat Dorong Pelaksanaan Pemilu Berkualitas

Ibas menegaskan Fraksi Partai Demokrat memiliki atensi yang besar terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden serta pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD (legislatif) yang akan digelar pada 2019.

Kabar24.com,JAKARTA—Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang kerap disapa Ibas menegaskan Fraksi Partai Demokrat memiliki atensi yang besar terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden serta pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD (legislatif) yang akan digelar pada 2019.

“Sejauh ini Demokrat dan FPD belum menentukan kemungkinan menaikan ambang batas dalam pemilu baik pilpres maupun legislatif khususnya. Namun kami FPD siap membahas sedini mungkin hal ini untuk persiapan pemilu ke depan yang berkualitas,”ujar Ibas, Jumat, (22/7/2016).

Meski pelaksanaan pemilu masih sekitar tiga tahun lagi, Ibas berharap pemerintah dan DPR harus segera menyiapkan payung hukum agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik dan demokratis.

“Kami sepakat bahwa sistem demokrasi adalah yang terbaik untuk mewujudkan kedaulatan dalam memilih dan dipilih secara langsung. Oleh karenanya segala persiapan pemilu khususnya payung hukum harus segera dibahas bersama,”tuturnya.

Lebih lanjut, Ibas yang juga anggota Komisi X DPR ini menyampaikan hal penting lain yang perlu menjadi perhatian bersama terkait pelaksanaan pemilu adalah efisiensi dan efektifitas, karena penyelenggara pemilu hanya melakukan sekali proses pemilihan.

Namun, lanjut Ibas,  jangan sampai mengorbankan esensi demokrasi yaitu kedaulatan rakyat. “Mengawal sistem pemilu multipartai yang lebih sederhana dan kuat itu sebuah cita cita akan tetapi demokrasi juga harus diartikan sebagai proses besar dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat bukan sekedar membatasi hak-hak memilih dan dipilih untuk tujuan besar bangsa,” ujarnya.

Oleh karenanya, Ibas berharap dapat tumbuh semangat bersama segenap komponen bangsa dalam mengawal pelaksanaan pemilu baik DPR, Pemerintah dan masyarakat termasuk memberi waktu yang cukup bagi KPU untuk menggelar cara baru pesta demokrasi di Tanah Air.

“Kita tidak bisa melihat hanya seberapa besar ambang batasnya saja, melainkan kualitas demokrasinya itu sendiri tentu harus dibarengi dengan semangat bersama menuju Indonesia yang jauh lebih baik, maju, adil dan sejahtera,” tutup wakil rakyat asal Dapil VII Jawa Timur ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper