Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Latihan Gabungan Dengan Malaysia, TNI Kirim 500 Prajurit ke Tanjung Gelang

Prajurit TNI dan Tentera Malaysia akan menggelar Latihan Gabungan Bersama Malaysia-Indonesia (Latgabma Malindo)Darsasa-9 AB/2016 pada 21 Juli hingga 3 Agustus di Tanjung Gelang, Kuantan Pahang, Malaysia.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Prajurit TNI dan Tentera Malaysia akan menggelar Latihan Gabungan Bersama Malaysia-Indonesia (Latgabma Malindo)Darsasa-9 AB/2016 pada  21 Juli hingga 3 Agustus di Tanjung Gelang, Kuantan Pahang, Malaysia.

Upacara pemberangkatan 500 Prajurit TNI digelar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Jakarta Utara, Kamis (21/7/2016).

Dalam keterangan tertulis disebutkan Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016 dengan tema Combined Coordination Centre (CCC) bertujuan meningkatkan kerja sama dan memelihara hubungan kesepahaman serta meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit Angkatan Tentera Malaysia (ATM) dan TNI.

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Ridhianto dalam amanatnya yang dibacakan Laksma TNI Hardjo Susmoro mengatakan, bahwa TNI perlu untuk terus bekerjasama dengan instansi terkait maupun dengan militer negara-negara sahabat, terutama Malaysia sebagai salah satu negara yang berbatasan langsung, untuk secara berkelanjutan meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan satuan dalam penanggulangan bencana dan memberi bantuan kemanusiaan.

“Sehingga peranan militer mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi kedua negara yang rentan terhadap ancaman bencana alam,” ujarnya.

“Utamakan zero accident dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan, selalu jaga keamanan pribadi dan perlengkapan serta peralatan yang dipercayakan, tunjukkan disiplin, semangat, kerja sama dan kekompakan serta interoperabilitas prajurit tiga matra TNI yang profesional kepada tuan rumah sebagai wujud deterrence effect,” tegasnya.

“Adakan evaluasi internal per-bagian selesai pelaksanaan tiap fase kegiatan latihan, guna mengadakan perbaikan  dan persiapan optimal untuk melaksanakan fase berikutnya,” pungkasnya.

Personel yang tergabung dalam Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016 sebanyak 500 orang, terdiri dari 205 personel TNI AD : 103 Kostrad, 4 Ditkesad, 92 Ditziad, 2 Sopsad, 3 Pussimpur. 198 personel TNI AL : 130 Anak Buah Kapal (ABK) KRI Banda Aceh, 8 Crew Hely Bell, 30 Tim SAR Laut, 12 Tim Medis, 3 Medcap, 15 Kogla (TTX dan CPX). 52 personel TNI AU : 3 Kogla, 9 CPX, 40 FTX, 41 Mabes TNI, 2 Polri  dan 2 BNPB.

Sedangkan Alutsista yang digunakan, terdiri dari 1 unit Mobil Satkom Ford Ranger, peralatan Nubika 1 Truck, 1 Trailler/Decoy, 1 Ransus Nubika, 7 tenda Rumkit Lapangan, 2 unit Perahu Karet.  TNI AD, terdiri dari : 1 unit Mobil Ambulance, 1 set Alkap Rumkitlap. TNI AL meliputi 1 KRI Banda Aceh 593, 2 unit LCU, 2 LCVP, 1 Heli Bell, 2 Sea Rider, serta TNI AU 1 Pesawat C- 130 H Hercules (A-1318) dan 1 Heli Nas-332 Super Puma (H-3213).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper