Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Kabupaten Muna: JRPPB Temukan Pemilih Ganda

Jaringan Rakyat Pemantau Pilkada Bersih (JRPPB) kembali menemukan sejumlah kecurangan dalam Pilkada Kabupaten Muna (Sulawesi Tenggara) termasuk pemilih ganda yakni menggunakan hak pilihnya lebih dari satu tempat.

Kabar24.com, JAKARTA--Jaringan Rakyat Pemantau Pilkada Bersih (JRPPB) kembali menemukan sejumlah kecurangan dalam Pilkada Kabupaten Muna (Sulawesi Tenggara) termasuk pemilih ganda yakni menggunakan hak pilihnya lebih dari satu tempat.

Temuan itu dilaporkan setelah kabupaten itu menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 19 Juni 2016.

"Tak hanya itu,  ditemukan  banyak  pemilih  yang  tidak  memenuhi  syarat  yaitu  pemilih  dari  luar Kabupaten  Muna," ujar juru bicara JRPPB, Nur Arifin dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (20/7/2016).

Temuan lainnya adalah banyaknya  pemilih  yang menggunakan dokumen  kependudukan  yang  sudah  tidak  berlaku dan  identitas  kependudukan berasal dari  kecamatan  dan  kabupaten  lain.

Pihaknya juga menemukan  banyak  praktik  politik uang dan intervensi  tim  pasangan  calon  (paslon) nomor  urut  1 terhadap  KPU  dalam  proses  pelaksanaan  PSU.

"Temuan terakhir, masih  adanya dugaan keberpihakan aparat kepolisian kepada paslon nomor urut 1, “ ujarnya.

Menyikapi temuan itu, Nur menegaskan JRPPB mendesak KPU Pusat untuk kembali menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Muna karena syarat dengan kecurangan-kecurangan yang mencenderai Demokrasi .

"Kami mendesak Mahkamah Konstitusi, jika ada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh pihak paslon yang tidak puas, untuk mendiskualifikasi hasil PSU di Kabupaten Muna," katanya.

Sesuai pantauan JRPPB, secara umum  pelaksanaan PSU di 2 TPS Kabupaten Muna pada 19 Juni 2016 jauh lebih buruk dibandingkan pelaksanaan PSU sebelumnya.

Pasalnya, pelanggaran dan kecurangan jauh lebih banyak dari pelaksanaan PSU sebelumnya, ujarnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper