Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KARHUTLA RIAU: Polres Siak Gelar Patroli Udara

Polres Siak menggelar patroli udara untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) jelang peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environtment Day yang diperingati secara nasional di Kabupaten Siak Provinsi Riau pada 22 Juli mendatang.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU – Polres Siak menggelar patroli udara untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjelang peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environtment Day yang diperingati secara nasional di Kabupaten Siak Provinsi Riau pada 22 Juli mendatang.

Kapolres Siak AKBP Restika PN SIK dalam keterangan persnya mengatakan kegiatan patroli udara ini dilakukan untuk memastikan wilayah hukumnya berada dalam kondisi aman, khususnya kawasan hutan yang ada di daerah tersebut.

“Kami menggelar kegiatan patrol udara ini untuk memantau langsung 5 kawasan yang rawan terjadi karhutla dengan dukungan satu unit helikopter milik PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP),” katanya Senin (18/7/2016).

Kegiatan yang dimulai pada siang hari itu menyisir lima titik di antaranya pertama areal kebakaran hutan seluas 5,5 hektare di Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak dengan kondisi sudah dilakukan pendinginan.

Lokasi kedua yaitu Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit yang terbakar seluas 15 hektare dengan rincian lahan terbakar adalah kebun sawit, kebun sagu, dan semak belukar dan sudah berhasil dipadamkan.

Lalu di lokasi ketiga tepatnya di Dusun Mungkap Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit telah dilakukan patroli udara dengan hasil tidak ada lagi titik api. Pada lokasi keempat di Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak juga berstatus sama dimana api karlahut telah padam.

“Untuk posisi kelima yaitu di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil kami melakukan pemantauan udara dan di lokasi tersebut tidak ditemukan titik api. Di sana terdapat 130 kepala keluarga dengan rumah papan berates seng. Rencananya nanti akan direlokasi oleh Pemkab Siak di Agustus mendatang, supaya fungsi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil kembali seperti semula,” katanya.

Adapun kegiatan patroli yang dilaksanakan Polres Siak ini berjalan selama satu jam hingga selesai dengan aman dan sesuai jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper