Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selandia Baru Bantu Pendirian 100 PAUD di Kupang, NTT

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut baik inisiatif pemerintah Selandia Baru melalui UNICEF untuk pendirian 100 lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).nn
Ilustrasi Paud/www.kejarpaket.com
Ilustrasi Paud/www.kejarpaket.com

Kabar24.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut baik inisiatif pemerintah Selandia Baru melalui UNICEF untuk pendirian 100 lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Program bantuan tersebut diluncurkan pada Senin (18/7/2016) di Jakarta dan akan dikhususkan bagi pendirian PAUD di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peluncuran tersebut dihadiri Mendikbud Anies Baswedan; Perdana Menteri Selandia Baru, John Key; perwakilan UNICEF Indonesia, Gunilla Olsson; dan Bupati Kupang, Ayub Titu Eki.

Mendikbud mengatakan, lembaga-lembaga PAUD yang nantinya akan didirikan di Kabupaten Kupang diharapkan dapat menjadi percontohan bagi lembaga PAUD lainnya di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.

Ia juga menegaskan bahwa pendidikan sebenarnya tidak dimulai dari pendidikan dasar, melainkan dari pendidikan anak usia dini, yang menjadi investasi pembangunan kehidupan manusia.

"Semua pihak sudah menyadari bahwa PAUD yang holistik dan integratif adalah suatu investasi pembangunan manusia yang secara manusiawi turut mengentaskan kemiskinan, mewujudkan kesehatan, kesejahteraan, dan meningkatkan martabat anak Indonesia," ujarnya dalam kesempatan tersebut, dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Selasa (19/7/2016).

Hal senada juga diungkapkan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key. Ia mengatakan, Pemerintah Selandia Baru berinisiatif untuk memberikan bantuan melalui UNICEF Indonesia karena dengan bekerja sama dengan UNICEF, mereka tidak hanya berkonsentrasi pada anak-anak, tetapi juga pada mereka yang berkomitmen pada pendidikan anak usia dini.

"Selandia Baru mendukung inisiatif pendidikan di Indonesia termasuk proyek anak usia dini dalam kemitraan dengan UNICEF," kata John Key.

Usai acara peluncuran program bantuan di Plasa Insan Berprestasi, Mendikbud mengajak PM John Key dan rombongannya untuk mengunjungi PAUD KM "0" Kemendikbud yang berlokasi di Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud.

Di PAUD tersebut, John Key disambut dengan penampilan anak-anak PAUD KM "0" yang menyanyikan lagu Selamat Datang Bapak.

Selain itu para Bunda PAUD juga mempersembahkan lagu Pokarekare Ana, sebuah lagu dari Selandia Baru dalam bahasa Maori, yaitu bahasa suku asli di Selandia Baru.

PAUD KM "0" Kemendikbud dikelola oleh Yayasan Bakti Idhata di bawah pembinaan Dharma Wanita Persatuan Kemendikbud.

"Kerja sama ini menjadi pesan bagi semua, bahwa Indonesia dan Selandia Baru berteman, dan akan selalu menjadi teman selamanya," tutur Mendikbud. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper