Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raja Bir Peru Ditunjuk Jadi Perdana Menteri

Presiden terpilih Peru, Pedro Pablo Kuczynski menunjuk raja bir Fernando Zavala sebagai perdana menteri negara itu setelah dia mulai menjalankan jabatan pada 28 Juli mendatang.
Fernando Zavala/diariosinfronteras.pe
Fernando Zavala/diariosinfronteras.pe

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden terpilih Peru, Pedro Pablo Kuczynski, menunjuk raja bir Fernando Zavala sebagai perdana menteri negara itu setelah dia mulai menjalankan jabatan pada 28 Juli mendatang.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi lokal RPP, Kuczynski memuji pimpinan perusahaan bir terbesar di Peru tersebut sebagai sosok yang memiliki kemampuan tinggi untuk menjabat sebagai perdana menteri.

Zavala yang kini berusia 45 tahun dianggap berpengalaman bekerja di kementerian keuangan, lembaga pengatur penggabungan industri dan sektor swasta.

"Dia memiliki pengetahuan yang luas mengenai apa yang terjadi di Peru dan ia tahu bagaimana administrasi publik berjalan. Dia dianggap sebagai sosok yang objektif dan menurut saya, keberadaan dia akan sangat positif,” kata Kuczynski sebagaimana dikutip Reuters, Senin (11/7/2016).

Zavala akan menghadapi tantangan baru untuk mengupayakan reformasi yang dicanangkan Kuczynski melalui Kongres. Kekuatan parlemen tersebut akan didominasi oleh kalangan oposisi yang sebagian besar berasal dari partai populis sayap kanan pimpinan saingan yang dikalahkan Kuczynski, Keiko Fujimori.

Kuczynski mengakui, belum berhasil menghubungi Keiko melalui telepon. Namun kepada RPP, Kuczynski mengatakan dirinya berharap dapat berbicara dengan Keiko pada hari-hari mendatang. Keiko memang tidak berbicara banyak di depan publik sejak menerima kekalahan dari Kuczynski bulan lalu.

Satu-satunya anggota kabinet yang sejauh ini sudah diumumkan Kuczynski adalah Alfredo Thorne. Dia merupakan mantan direktur JPMorgan Chase yang  ditunjuk sebagai menteri keuangan.

Kuczynski, 77 tahun, adalah mantan bankir investasi dan mantan perdana menteri. Ia memenangi pemilihan presiden hanya dengan mengumpulkan puluhan ribu suara pemilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper