Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kendati Stok Cukup, Harga Gula di Medan Tinggi

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Utara mengklaim pasokan gula masih aman selama 2 bulan ke depan.

Kabar24.com, MEDAN--Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Utara mengklaim pasokan gula masih aman selama 2 bulan ke depan.
Kendati demikian, harga gula di Sumut hingga saat ini masih bertahan tinggi yakni rerata Rp18.000 per kg.
 
Berdasarkan hasil pantauan Bisnis pada hari ini (28/6/2016), harga gula pasir di beberapa pasar tradisional berada di atas harga normal yakni Rp12.000 per kg. Di Pusat Pasar, misalnya, harga gula mencapai Rp17.000 per kg. Di Pasar Aksara mencapai Rp17.500 per kg. Sementara itu, di pasar Simpang Limun mencapai Rp18.000 per kg.
 
"Saat ini stok gula yang ada di Bulog Sumut 15.000 ton. Jumlah ini akan bertambah dalam waktu dekat. Sumut akan menerima gula impor 10.000 ton. Saat ini kapal pengangkutnya sudah bersandar di Belawan," papar Kepala Disperindag Sumut Alwin Sitorus, Selasa (28/6/2016).
 
Lebih lanjut, dia memperkirakan, rerata kebutuhan gula Sumut mencapai 20.000 ton per bulan. Adapun, selama ini Sumut mendapatkan pasokan dari Jawa Timur dan Lampung.
 
"Kami sudah berupaya mendatangkan pasokan lebih untuk gula. Kami akan terus melakukan operasi pasar agar harganya kembali stabil," tambah Alwin.
 
Salah satu operasi pasar gula dilakukan oleh Induk Koperasi Kepolisian RI. Inkoppol mengklaim telah bekerja sama dengan PT Medan Sugar Indonesia untuk menyiapkan pasokan gula di Sumut. Pada operasi pasar tersebut, harga gula dibandrol Rp12.000 per kg.
 
"Operasi pasar akan terus kami gelar hingga H -5 Lebaran. Kami tidak membatasi jumlah yang disiapkan, tapi kami membatasi pembelian. Satu orang hanya boleh beli 2 kg gula," pungkas Ketua Inkoppol Mudji Waluyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper