Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian Pertanian Serahkan 44 Unit Alat Mesin Pertanian ke Poktan Humbang Hasundutan

Kementerian Pertanian menyerahkan 44 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kabar24.com, MEDAN--Kementerian Pertanian menyerahkan 44 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatra Utara Andriko Noto Susanto mengungkapkan bantuan alsintan merupakan bagian dari program Kementerian Pertanian yang dikelola Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, untuk meningkatkan produktivitas petani.

"Humbahas [Humbang Hasundutan] yang berkontribusi besar bagi peningkatan penghasilan petani. Ini sebagai upaya percepatan swasembada pangan dan beras yang tengah didengungkan oleh pemerintah saat ini,” tulisnya dalam keterangan resmi, Kamis (23/6/2016).

Adapun alsintan yang dibagi terdiri dari 42 unit traktor roda dua dan 2 unit mesin perontok padi. Dia menambahkan, untuk memiliki daya saing dibidang pertanian, petani membutuhkan terobosan dalam hal alat mekanisasi pertanian yang modern.

Andriko memaparkan pengadaan alat tersebut guna meningkatkan swasembada pangan tiga komoditas utama yakni padi, jagung dan kedelai (pajale). Dia mengharapkan agar Poktan dapat merawat dan memaksimalkan fungsi alsintan tersebut.

Pada kesempatan itu Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor meminta kepada poktan untuk meningkatkan luas lahan dan produktivitas pertanian. Dia mengharapkan agar bantuan dari kementerian bisa semakin memudahkan dan meningkatkan kesejahteraan kelompok petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper