Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerindra Sambut Baik BG Jadi Kepala BIN

Bergulirnya rumor Komjen Pol. Budi Gunawan yang akan menjadi orang nomor satu di BIN itu rupanya disambut antusias oleh Fraksi Partai Gerindra.
Komjen Pol Budi Gunawan/JIBI
Komjen Pol Budi Gunawan/JIBI

Kabar24.com,JAKARTA—Bergulirnya rumor Komjen Pol. Budi Gunawan  yang akan menjadi orang nomor satu di BIN itu rupanya disambut antusias oleh Fraksi Partai Gerindra.

Wenny Warou, anggota komisi III dari fraksi Gerindra, menganggap bagus adanya rumor Budi yang akan menggeser Sutiyoso sebagai kepala BIN.

“Bagus itu kalau terjadi. Saya kira untuk BIN kan dulu juga pernah ada pak Sutanto mantan Kapolri  pernah memegang jabatan itu,” ujar Wenny.

Menurutnya sangat cocok jika kepala BIN dari kepolisian melihat di badan kepolisian itu sendiri memiliki badan intelijen kepolisian.

Apalagi adanya faktor usia calon Kapolri yang dinilai sangat muda, sehingga rumor ditunjuknya Budi sebagai kepala BIN adalah kebijaksanaan yang baik.

Lagipula, lanjut Wenny, setelah terjadi pergantian Kapolri dari Jenderal Badrodin Haiti kepada Komjen Tito Karnavian, akan lebih pas mencarikan pendamping baru untuk Kapolri.

"Terlalu jauh jarak angkatan antara Kapolri dengan Wakapolri, walaupun itu tidak perlu dipermasalahkan. Cuma mungkin ya di perasaan saja. Itu yang saya lihat," jelasnya.

“Dan BG [Budi GUnawan] kemampuan intelijennya bagus, dia suka nulis tulisan intelijen di majalah-majalah dulu itu, jadi cocok lah itu [posisi kepala BIN],” tambahnya.

Kendati demikian, Wenny tak menampik adanya kegaduhan baru jika jabatan KaBIN diberikan kepada senior Polri.

“Itu ‎bisa saja terjadi. Tapi kan mereka selevel menteri, pembantu presiden, jadi presiden yang punya hak prerogatif itu, mungkin tanya ke pemerintah itu, nanti kegaduhan baru lagi, dan inget satu, selalu meminta, walaupun tidak tertulis seolah-oleh BIN jatahnya tentara, karena waktu pak Sutanto juga masuk juga ke situ, itu jg tdk lama kurang lebih setahun selesai,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper