Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Bantu Vietnam Mencari Pesawat Penjaga Pantai Yang Hilang

China mengerahkan kapal pada Jumat (17/6/2016) sebagai respons atas permintaan Vietnam untuk membantu mencari pesawat penjaga pantai berawak sembilan orang yang jatuh ketika mencari jet tempur dan pilot yang hilang.
Pesawat Casa mendarat di Ho Chi Minh/Reuters
Pesawat Casa mendarat di Ho Chi Minh/Reuters

Kabar24.com, HANOI - China mengerahkan kapal pada Jumat (17/6/2016) sebagai respons atas permintaan Vietnam untuk membantu mencari pesawat penjaga pantai berawak sembilan orang yang jatuh ketika mencari jet tempur dan pilot yang hilang.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/6/2016), pesawat CASA turboprop pada kamis (16/6/2016) menyusuri teluk Tonkin yang terletak di antara garis pantai utara Vietnam dan Pulau Hainan milik China, di mana tim penyelamat menemukan beberapa puing dan barang-barang pribadi.

Pesawat buatan Airbus tersebut sedang dalam tugas mencari jet tempur Sukhoi SU-30 MK2 dan pilotnya yang menghilang dari pantauan radar pada Selasa (14/6/2016). Satu dari dua orang pilot pesawat tempur tersebut ditemukan pada keesokan harinya.

Ribuan penjaga pantai Vietnam, penjaga perbatasan, dan angkatan udara serta nelayan ikut dalam pencarian pesawat dan pilot yang masih hilang.

China mengirimkan satu perahu penyelamat dan dua perahu penjaga pantai untuk membantu pencarian pesawat CASA atas permintaan dari Vietnam untuk mendampingi dan mengizinkan kapalnya memasuki wilayah maritim China. Pesawat penjaga pantai dilaporkan melakukan penyisiran kala cuaca buruk dan jarak pandang sangat terbatas.

Dalam dua tahun terakhir, beberapa kecelakaan udara menimpa Vietnam seperti yang terjadi pada helikopternya yang sudah tua. Namun, kecelakaan pesawat jarang terjadi.,

Saat ini, Vietnam sedang menata ulang pembangunan militernya dan berencana untuk memperbaharui perangkat pertahanan termasuk membeli pesawat tempur, sebuah strategi yang disebut bertujuan untuk mempertahankan diri atas China.

Berdasarakan sejarah, partai komunis yang memerintah China dan Vietnam memiliki kedekatan tetapi kedua negara bersitegang akibat sengketa wilayah di Laut China Selatan.

Vietnam memperkuat penjagaan garis pantainya dengan didukung batuan Jepang yang juga bersengketa dengan China terkait wilayah territorial sementara berulang kali bersitegang dengan Beijing dan menegaskan pihaknya memiiki kewajiban untuk memastikan kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper