Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ATR/BPN Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendeklarasikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendeklarasikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas. Program itu bertujuan membentuk wilayah bebas korupsi, birokrasi bersih dan melayani di lingkungan jajaran Kementerian ATR/BPN.

Menteri ATR Ferry Mursyidan Baldan mengatakan deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas merupakan bentuk komitmen Kementerian ATR untuk mewujudkan lembaga berintegritas dan bebas korupsi. Pencanangan ini merupakan bentuk implementasi dari pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Dia mengklaim selama ini Kementerian ATR/BPN terus berupaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. Hal ini terlihat pada laporan keuangan Kementerian ATR/BPN yang memperoleh opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2013.

Selain itu peningkatan akuntabilitas kinerja juga terlihat pada nilai evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2016 yang meningkat menjadi 64,13 dengan kategori B.

“Penandatangan piagam Zona Integritas ini merupakan bagian dari kesungguhan institusi untuk mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen mencegah Korupsi, Kolusi dan Neoptisme, serta melaksanakan reformasi birokrasi yang akuntabel di seluruh unit kerja Kementerian ATR/BPN,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (17/6/2016)..

Sebagai tindak lanjut dari pencanangan Zona Integritas ini, Kementerian ATR/BPN akan melakukan pilot project Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada satuan kerja yang dinilai strategis melaksanakan pelayanan publik, mengelola sumber daya yang besar dan memiliki keberhasilan Reformasi Birokrasi yang cukup tinggi.

“Seluruh aparatur Kementerian ATR/BPN baik di Pusat maupun di Daerah akan secara bersama-sama membangun integritas individu dan organisasi di lingkungan kerja masing-masing,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper