Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Kampus Terbaik di Asia 2016

Kampus National University of Singapore (NUS) menduduki posisi tertinggi kampus terbaik di Asia dengan nilai sempurna berdasarkan pemeringkatan lembaga pemeringkat bergengsi dunia Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking 2016.
Dosen/Ilustrasi
Dosen/Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Kampus National University of Singapore (NUS) menduduki posisi tertinggi kampus terbaik di Asia dengan nilai sempurna berdasarkan pemeringkatan lembaga pemeringkat bergengsi dunia Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking 2016.

Pemeringkatan yang dirilis di laman resmi Quacquarelli Symonds (QS) pada Selasa (14/6/2016), dilakukan terhadap lebih dari 350 perguruan tinggi di Asia.

Pada 2016, pemeringkatan QS Asia University Rankings memperbarui metodologinya dengan menggunakan sepuluh parameter dalam pemeringkatan yaitu Academic reputation (30%) dengan mengukur unsur akademik secara menyeluruh, Employer reputation (20%) dengan mengukur kualitas tenaga pendidik perguruan tinggi.

Kemudian, Faculty/student ratio (15%) dengan mengukur keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi, Citations per paper (10%) dengan mengukur jumlah kutipan (citation) pada setiap publikasi ilmiah yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi, Paper per Faculty (10%) dengan mengukur jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi.

Selanjutnya, Staff with PhD (5%) dengan mengukur proporsi pengajar dengan pencapaian jenjang akademik tertinggi yaitu Doktor, Inbound Exchange Students (2,5%) dengan mengukur jumlah mahasiswa asing yang berkuliah ke perguruan tinggi tersebut dalam rangka pertukaran pelajar sedikitnya satu semester, International Faculty (2,5%) dengan mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi.

Berikutnya, International Student (2,5%) dengan mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi, Outbond Exchange Students (2,5%) dengan mengukur jumlah mahasiswa perguruan tinggi tersebut yang berpartisipasi sedikitnya satu semester pada program pertukaran mahasiswa di level internasional.

Berikut daftar 10 kampus terbaik di Asia 2016:
1. National University of Singapore, Singapura
2. The University of Hong Kong, Hong Kong
3. Nanyang Technological University Singapore (NTU), Singapura
4. The Hong Kong University of Science and Thechnology, Hong Kong
5. Tsinghua University, China
6. Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), Korea Selatan
7. City University of Hong Kong, Hong Kong
8. The Chinese University of Hong Kong (CUHK), Hong Kong
9. Peking University, China
10. Seoul National University, Korea Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper