Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Papua Ramaikan Parade Bunga di Portland

Lebih dari 20 mahasiswa Papua, bersama dengan KJRI San Francisco dan masyarakat Indonesia mengikuti Parade Bunga di Portland, Amerika Serikat pada hari Sabtu tanggal 11 Juni waktu setempat.
Aimur Pagawak membawa bendera Indonesia di jantung kota Portland/dokumentasi
Aimur Pagawak membawa bendera Indonesia di jantung kota Portland/dokumentasi

Kabar24.com, JAKARTA- Lebih dari 20 mahasiswa Papua, bersama dengan KJRI San Francisco dan masyarakat Indonesia mengikuti Parade Bunga di Portland, Amerika Serikat pada hari Sabtu tanggal 11 Juni waktu setempat.

Pagelaran terbesar di negara bagian Oregon ini dimeriahkan oleh lebih dari 100 peserta yang menyebabkan panjangnya pawai sepanjang 3 km lebih ini semakin semarak.

Rombongan Indonesia menampilkan musik, tarian dan kostum Papua, Sulawesi Utara, Maluku, Kalimantan Timur, Betawi, Jawa Tengah, Bali, dan Sumatra Barat. Lebih dari 20 ribu masyarakat Portland tumpah ruah di sepanjang jalan 7,2 km rute pawai, tampak antusias dan memberikan sambutan meriah ketika rombongan Indonesia melewati mereka dan membawakan tari-tarian daerah.

Konjen RI di San Francisco Ardi Hermawan memberikan dukungan penuh dalam fasilitasi dan pendanaan bagi Indonesia untuk dapat ikut di acara bergengsi ini.

"Dalam 3 tahun keikutsertaan Indonesia, baru kali ini anak-anak Papua bergabung. Hal ini membanggakan karena memberikan pemahaman baru bagi masyarakat umum di Portland, sekaligus pengalaman yang baik dan memupuk semangat nasionalisme mereka," ujar Hellen Heler (48) warga AS keturunan Indonesia yang ikut dalam parade dalam siaran pers yang diterbitkan KJRI San Francisco.

Yang menarik, baru tahun ini mahasiswa Papua ikut bergabung dalam pawai yang diselenggarakan setiap tahun selama 102 tahun acara ini berlangsung. Aimur Pagawak (19 tahun) asal Biak yang membawa bendera merah putih sepanjang parade, mengaku bangga dapat mewakili Indonesia dalam pagelaran unggulan kota ini.

"Saya senang sekali bisa ikut, karena seperti menjadi selebriti yang terus mendapat tepukan dari masyarakat Portland", ujarnya.

Seluruh mahasiswa Papua yang ikut merupakan mahasiswa Corban University yang memperoleh beasiswa dari Pemprov Papua. Dari total 59 putra daerah di Corban, mereka mengambil jurusan Bahasa Inggris, Bisnis, Teknik, Kesehatan, Antropologi, Psikologi, Matematika, IT, dan Komunikasi.

Program yang dimiliki oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dalam 2 tahun belakangan ini memang memberikan kesempatan bagi ratusan siswa di kampung-kampung dan kabupaten Provinsi Papua untuk dibiayai kuliah di dalam dan luar negeri, termasuk Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper