Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nuklir Korut: Uji Coba Rudal Balistik Kembali Alami Kegagalan

Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) pada Selasa (31/5/2016) menembakkan apa yang diduga sebagai rudal balistik jarak-sedang Musudan tapi tampaknya uji coba itu mengalami kegagalan.
Ilustrasi/REUTERS-KCNA
Ilustrasi/REUTERS-KCNA

Kabar24.com, SEOUL - Korea Utara kembali menemui kegagalan saat melakukan uji coba peluncuran rudal balistik.

Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) pada Selasa (31/5/2016) menembakkan apa yang diduga sebagai rudal balistik jarak-sedang Musudan tapi tampaknya uji coba itu mengalami kegagalan, kata kantor berita Yonhap, Selasa pagi waktu setempat.

"DPRK meluncurkan satu proyektil, yang diperkirakan sebagai rudal Musudan, sekitar pukul 05.20 waktu setempat dari Daerah Wonsan di bagian timur-lauta DPRK. Tapi peluncuran itu tampaknya telah gagal," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebagaimana dikutip Yonhap.

Militer Korea Selatan pada Senin mengkonfirmasi Seoul melacak tanda kemungkinan peluncuran rudal balistik oleh DPRK dan telah menuntaskan persiapan bagi kemungkinan peluncuran.

Jika dikonfirmasi, itu akan menjadi ujicoba keempat penembakan rudal Musudan oleh DPRK setelah peluncuran pertama pada 15 April dan peluncuran kedua pada 28 April, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Selasa pagi. Namun, semua keempat ujicoba penembakan tersebut berakhir dengan kegagalan.

Rudal Musudan, yang diketahui mampu menjangkau wilayah AS seperti Guam dan wilayah pinggir Alaska, telah digelar oleh DPRK sejak 2007.

Rudal itu dipandang sebagai ancaman khusus sebab rudal tersebut ditembakkan dari peluncur bergerak, sehingga membuat sulit pendeteksian dan pelacakan pada saat konflik militer. Rudal itu juga dapat membawa hulu-ledak nuklir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Xinhua-OANA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper