Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Kisah Jonan Pecahkan Rekor Hingga Masuk Muri

Ini sejarah baru bagi kiprah Kementerian Perhubungan. Pekan lalu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menerima penghargaan dari Muri (Museum Rekor Indonesia) atas rekornya sebagai menteri yang paling banyak meresmikan prasarana perhubungan dalam waktu hanya 2 hari.
Menhub Ignasius Jonan ketika menerima piagam Muri dari Jaya Suprana (27/5/2016)
Menhub Ignasius Jonan ketika menerima piagam Muri dari Jaya Suprana (27/5/2016)

Bisnis.com, JOGJAKARTA – Ini sejarah baru bagi kiprah Kementerian Perhubungan. Pekan lalu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menerima penghargaan dari Muri (Museum Rekor Indonesia) atas rekornya sebagai menteri yang paling banyak meresmikan prasarana perhubungan dalam waktu hanya 2 hari. Penghargaan diserahkan langsung ole Ketua Umum Muri Jaya Suprana di ruang Nanggala Kementerian Perhubungan Pada Jumat (27/5/2016).

Namun tak semua orang tahu kisah di balik penghargaan itu. Ceritanya berawal dari kunjungan kerja ketika meresmikan tiga bandar udara dan 23 pelabuhan yang tersebar di Papua dan Sulawesi. Di atas pesawat jet milik Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar menyampaikan ide tentang masuk rekor Muri itu. “Sepanjang sejarah belum pernah saya menyaksikan peresmian proyek sebanyak ini,” kepada Bisnis.com ketika di Gorontalo pada Sabtu (30/4/2016).

Pembicaraan berlanjut hingga esok pagi harinya di Denpasar. Pudji kembali melontarkan idenya bahwa peresmian proyek sebanyak itu dalam waktu relative singkat merupakan rekor tersendiri. “Ini jelas bisa masuk rekor MURI,” katanya lagi.

Maklum, sejak terbang dari Jakarta Sabtu ke Sorong, Jonan terus ke Gorontalo, dan Kendari. Terakhir ia meresmikan menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Bungkutoko di Sulawesi Tenggara (Sultra) diresmikan Menhub Ignasius Jonan.

Sindu Rahayu, Kepala Bagian Media Massa dan Opini Publik Kementerian Perhubungan menceritakan bahwa penghargaan diberikan sebelum Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2016 yang diikuti oleh Menkominfo Rudiantara, Asisten Kapolri Bidang Operasi Irjen Unggung Cahyono dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto. “Pak Menteri sangat senang tentunya,” kata Sinda kepada Bisnis.com, hari ini (Senin, 30/5/2016)

Ketika itu wajah Jonan terlihat berseri-seri saat menerima penghargaan itu. Dalam piagam yang tersebut tertulis 'Piagam Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia Dianugerahkan kepada Ignasius Jonan Menteri Perhubungan RI atas Rekor Menteri Yang Meresmikan Prasarana Perhubungan Terbanyak dalam Waktu Dua Hari'.

Prasarana perhubungan terbanyak dalam waktu 2 hari yang diresmikan adalah bandara dan pelabuhan seperti Bandara Jalaluddin Gorontalo, Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo, Bandara Dominique Edward Osok di Sorong, Papua Barat, dan Bandara Mopah di Merauke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lahyanto Nadie
Editor : Lahyanto Nadie
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper