Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9.000 Siswa Indonesia Lanjutkan Studi Ke Eropa

Sebanyak 9.000 siswa Indonesia kini sedang melanjutkan studi mereka di Eropa, kata Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend di Jakarta, Sabtu (28/5/2016).
Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Jibiphoto
Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA -  Sebanyak 9.000 siswa Indonesia kini sedang melanjutkan studi mereka di Eropa, kata Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend di Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

"Eropa menjadi tujuan pendidikan yang semakin populer di kalangan siswa Indonesia, yang mana secara total sekitar 9.000 siswa dari Indonesia sedang belajar di Eropa saat ini," katanya.

Ia mengemukakan lebih dari 5.000 siswa asal Indonesia berangkat ke Eropa, untuk melanjutkan kuliah pada jenjang S1 dan S2 tahun 2015.

"Dan jumlah mereka (siswa Indonesia) yang datang untuk belajar di Eropa terus meningkat setiap tahunnya, rata-rata bisa mencapai lima hingga sepuluh persen," jelas Guerend.

Dengan adanya fakta tersebut, ia berpendapat pada tahun-tahun berikutnya, jumlah siswa Indonesia yang berminat melanjutkan studi ke Eropa akan semakin tinggi.

"Kami yakini akan ada penambahan, tentu saja karena di Eropa terdapat lebih dari 4.000 perguruan tinggi, dengan 15.000 program S2 yang diajarkan dalam Bahasa Inggris. Jadi, urusan bahasa tidak akan ada kendala, bahkan di negara-negara yang sehari-harinya tidak menggunakan Bahasa Inggris," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, sebagian besar perguruan tinggi di Eropa menawarkan fasilitas berteknologi tinggi, dengan uang kuliah yang lebih murah dibandingkan sebagian negara lain.

"Dan tentu saja, kami memiliki suasana belajar yang baik bagi para siswa, dengan kondisi lingkungan kota yang masih asri. Kami percaya, alasan ini menjadikan Eropa sebagai pilihan terbaik jika ingin belajar di luar negeri," kata Guerend.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper