Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran, Kebutuhan Daging Sapi di Jateng Diprediksi Naik Lima Kali Lipat

Kebutuhan daging sapi di Jawa Tengah pada Lebaran nanti diprediksi bakal melompat hingga lima kali lipat dibandingkan kondisi normal.
jibiphoto
jibiphoto

Bisnis.com, SEMARANG - Kebutuhan daging sapi di Jawa Tengah pada Lebaran nanti diprediksi bakal melompat hingga lima kali lipat dibandingkan kondisi normal.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng Agus Wariyanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan sapi sebanyak 92.000 ekor untuk memenuhi kebutuhan pada Lebaran nanti.

"Juli nanti kebutuhan daging sapi diperkirakan mencapai 15.600 ton. Jumlah tersebut lima kali lipat lebih tinggi dari kebutuhan bulan normal," katanya kepada Bisnis, Jumat (27/5/2016).

Dia mengatakan kebutuhan tersebut setara dengan 80.000 ekor sapi. Untuk memastikan kebutuhan daging terpenuhi, pemerintah mempersiapakn dalam jumlah yang lebih tinggi, yakni mencapai 92.000 ekor, atau setara 18.000 ton.

Pada hari normal, kebutuhan daging sapi di Jateng per bulan sekitar 3.130 ton, atau sekitar 16.000 ekor sapi.

Khusus pada bulan puasa yang jatuh pada Juni esok, pihaknya mempersiapkan jumlah daging sapi sebanyak 4.900 ton setara 25.000 ekor.

Berdasarkan perkirakaan, kebutuhan pada bulan tersebut mengalami peningkatan 35% dibanding bulan sebelumnya, atau sekitar 4.200 ton setara 22.000 ekor.

"Untuk memastikan kebutuhan terpenuhi, kami telah mempersiapkan pasokan 15% lebih tinggi dari kebutuhan," katanya.

Dia mengatakan tingkat konsumsi daging sapi pada Lebaran jauh lebih tinggi dibandingkan saat bulan puasa. Peningkatan permintaan umumnya terasa saat mendekati Lebaran hingga tujuh hari setelah Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper