Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBMPTN 2016: Universitas Andalas Sediakan 1.500 Kursi Mahasiswa

Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, menyiapkan 1.500 kursi untuk mahasiswa baru yang masuk lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
SBMPTN/Antara
SBMPTN/Antara

Kabar24.com, PADANG - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, menyiapkan 1.500 kursi untuk mahasiswa baru yang masuk lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Kuota tersebut diperuntukkan untuk 45 program studi (Prodi), lima belas fakultas dan tiga kampus," kata Kepala Humas Unand, Eriyanty di Padang, Selasa (24/5/2016).

Dia menyebutkan dalam ujian SBMPTN yang akan dihelat pada 31 Mei mendatang terdapat 28 program studi khusus kelompok saintek dan 27 program studi kelompok sosial humaniora.

Dari dua kelompok tersebut untuk kelompok saintek Unand menyiapkan kursi sebanyak 984 orang mahasiswa baru, dengan prodi Peternakan menyiapkan kursi terbanyak 105 orang.

Sedangkan kelompok prodi sosial humaniora menyiapkan kursi 516 orang mahasiswa dengan prodi Ilmu Hukum menyiapkan kuota terbanyak dengan 120 orang mahasiswa.

Dia menyebutkan sebelumnya dari seleksi Undangan SNMPTN Unand telah memberikan 2.001 kursi kepada mahasiswa baru seluruh Indonesia atau 40 persen dari jumlah kuota keseluruhan sebanyak 5.000 orang.

Setelah itu melalui ujian bersama mandiri akan kembali menyiapkan kursi sebanyak 1.485 untuk lima belas fakultas dan 45 prodi.

Ujian Mandiri ini dikatakan ujian bebas karena juga diikuti oleh universitas non negeri dan non Dikti.

"Kesemua mahasiswa ini akan menyelesaikan semua proses administrasi dan orientasi hingga awal Agustus 2016, kemudian melaksanakan kuliah tahun ajaran baru," ujarnya.

Sementara itu salah satu orang tua mahasiswa Unand, Tati berharap kampusnya memperjelas status mahasiswa yang masuk negeri dan mandiri.

Sebab menurutnya kembali adanya jalur mandiri mengindikasikan adanya perbedaan uang kuliah seperti dahulu.

"Dulu di Unand ada jalur reguler dan non reguler, apakah sistem itu bergulir kembali, hal ini perlu dijelaskan secara rinci," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper