Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terdapat Gangguan Cairan di Otak, Raja Bhumibol Jalani Perawatan

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej yang berusia 88 tahun menjalani perawatan karena terdapat 'cairan pada otaknya', kata Biro Rumah Tangga Kerajaan dalam sebuah pernyataan pada Jumat.
Raja Thailand Bhumibol Adulyadej/www.ibtimes.com
Raja Thailand Bhumibol Adulyadej/www.ibtimes.com

Kabar24.com, BANGKOK - Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand menyatakan Raja mereka Bhumibol Adulyadej yang berusia 88 tahun menjalani perawatan karena terdapat cairan pada otaknya, Jumat (20/5/2016).

Raja yang memerintah terlama di dunia itu telah dirawat karena berbagai penyakit saat menjalani pengobatan selama satu tahun di rumah sakit di ibu kota Thailand, Bangkok. Dia terakhir terlihat di depan umum pada 11 Januari 2016, ketika ia menghabiskan beberapa jam mengunjungi istananya di Bangkok.

Sebagian besar warga Thailand tidak mengenal raja yang lain, karena raja yang dihormati itu naik tahta sekitar 70 tahun lalu. Bhumibol telah menghabiskan sebagian besar dari enam tahun terakhir di rumah sakit.

Kekhawatiran menyangkut kesehatan raja serta proses suksesi telah menjadi latar belakang krisis politik selama lebih dari satu dasa warsa di Thailand. Di negara itu, militer mengambil alih kekuasaan melalui kudeta dua tahun lalu.

Pihak istana mengatakan pemeriksaan terhadap kesehatan raja menunjukkan terdapat 'cairan pada otak', atau 'hidrosefalus', yang berasal dari peningkatan cairan 'cerebrospinal' yang mengelilingi otak. Dia dirawat karena hal yang sama pada Agustus. Cairan tersebut telah dibersihkan dan kondisi raja sedang dipantau, menurut pernyataan.

Berita tentang keluarga kerajaan dikontrol ketat di Thailand, melalui hukum yang melindungi keluarga kerajaan dari penghinaan sehingga aksi pencemaran nama baik, penghinaan atau pengancaman raja, ratu, pewaris tahta atau bangsawan merupakan suatu kejahatan.

Informasi terkait kesehatan Raja Bhumibol biasanya diumumkan ke publik setelah dia pulih. Pihak istana mengeluarkan pernyataan terkait kesehatannya pada 14 Mei. Istana menyatakan yang bersangkutan menderita bengkak pada paru-paru dan lutut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper