Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EGYPTAIR HILANG: Diduga Pesawat Diserang Teroris

Jet EgyptAir yang membawa 66 penumpang dan awak dari Paris ke Kairo dan menghilang dari radar di atas Mediterania, Kamis (19/5/2016) dalam kecelakaan oleh pihak Mesir diduga disebabkan oleh serangan teroris.
Pesawat komerisal Jet EgyptAir yang membawa 66 penumpang dan awak dari Paris ke Kairo dan menghilang dari radar di atas Mediterania, Kamis (19/5/2016)./REUTERS
Pesawat komerisal Jet EgyptAir yang membawa 66 penumpang dan awak dari Paris ke Kairo dan menghilang dari radar di atas Mediterania, Kamis (19/5/2016)./REUTERS

Bisnis.com, KAIRO -  Jet EgyptAir yang membawa 66 penumpang dan awak dari Paris ke Kairo dan menghilang dari radar di atas Mediterania, Kamis (19/5/2016) dalam kecelakaan oleh pihak Mesir diduga disebabkan oleh serangan teroris.

Perdana Menteri Mesir Sherif Ismail mengatakan terlalu dini untuk menjelaskan penyebab kecelakaan itu, termasuk serangan seperti yang dituduhkan karena menjatuhkan  pesawat Rusia di atas Semenanjung Sinai Mesir tahun lalu.

Menteri penerbangan negara itu mengatakan serangan teroris lebih mungkin dibandingkan dengan kegagalan teknis.

Kementerian penerbangan sipil Mesir awalnya mengatakan pihak berwenang Yunani telah menemukan "materi mengambang" dan jaket mungkin dari pesawat, satu Airbus A320.

Namun, Kamis (19/5/2016) Wakil Presiden EgyptAir Ahmed Adel mengatakan kepada CNN bahwa reruntuhan belum ditemukan.

"Kami mengoreksi tentang penemuan puing-puing karena apa yang kita identifikasi bukan merupakan bagian dari pesawat kami. Jadi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung," kata Adel.

Sumber-sumber pertahanan Yunani kepada Reuters mengatakan bahan itu ditemukan di laut 230 mil (370 km) selatan dari pulau Kreta.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi memerintahkan kementerian sipil penerbangan, pusat pencarian dan penyelamatan tentara, angkatan laut, dan angkatan udara untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menemukan puing-puing dari pesawat.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya, Sisi juga memerintahkan komite investigasi yang dibentuk oleh kementerian penerbangan sipil untuk segera mulai menyelidiki penyebab hilangnya pesawat.

Pejabat dari berbagai instansi AS mengatakan kepada Reuters bahwa dari citra satelit AS sesejauh ini tidak memperlihatkan tanda-tanda ledakan pesawat EgyptAir.

Para pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas masalah-masalah intelijen, mengatakan kesimpulan itu merupakan hasil dari pemeriksaan pendahuluan dari citra dan memperingatkan terhadap laporan media yang menunjukkan Amerika Serikat diyakini bertanggung jawab atas kecelakaan itu.

Mereka mengatakan Amerika Serikat tidak mengesampingkan kemungkinan penyebab kecelakaan itu, termasuk kegagalan mekanik, terorisme atau tindakan yang disengaja oleh pilot atau awak.

Di tengah ketidakpastian tentang apa yang menjadi penyebab pesawat jatuh, Bandara Internasional Los Angeles –yang menjadi Hud transportasi udara terbesar pertama untuk AS--  mengatakan itu meningkatkan langkah-langkah keamanan.

"Mengingat hilangnya EgyptAir Flight MS804, kami telah meningkatkan postur keamanan kita dan meningkatkan langkah-langkah keamanan kontra-terorisme kami," kata Kepolisian Bandara Los Angeles dalam sebuah pernyataan.

Yunani telah mengerahkan pesawat dan kapal untuk mencari pesawat yang hilang. Mesir mengatakan akan memimpin penyelidikan dan Prancis akan berpartisipasi. Paris mengatakan tiga penyidik akan tiba di Mesir pada Kamis malam.

“Di Washington, Presiden Barack Obama menerima briefing soal hilangnya pesawat itu dari penasehatnya untuk keamanan dalam negeri dan kontraterorisme,” kata Gedung Putih.

Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui penyebab kecelakaan dan belasungkawa yang ditawarkan.

Menteri Pertahanan Yunani Panos Kammenos mengatakan Airbus membelok 90 derajat ke kiri, berputar melalui 360 derajat ke kanan dan jatuh dari ketinggian 37.000 kaki ke 15.000 sebelum menghilang dari layar radar Yunani.

Menurut Kepala penerbangan sipil Yunani, panggilan dari pengendali lalu lintas udara Yunani untuk penerbangan MS804 terjawab sebelum meninggalkan wilayah udara Yunani, dan setelah itu segera menghilang dari layar radar.

Tidak ada indikasi resmi dari kemungkinan penyebab, apakah kegagalan teknis, kesalahan manusia atau sabotase. Ultra-garis keras Islam telah menargetkan bandara, pesawat dan lokasi wisata di Eropa, Mesir, Tunisia dan negara-negara Timur Tengah lainnya selama beberapa tahun terakhir.

Ketika ditanya apakah ia bisa mengesampingkan keterlibatan teroris, perdana menteri Mesir mengatakan kepada wartawan: "Kita tidak bisa mengecualikan apa pun saat ini atau mengkonfirmasi apapun. Semua operasi pencarian harus disimpulkan sehingga kita dapat mengetahui penyebabnya.."

Presiden Prancis Francois Hollande juga mengatakan penyebabnya tidak diketahui. "Tidak ada hipotesis dapat dikesampingkan, juga hal-hal yang tidak   disukai atas yang lain."

Pesawat itu membawa 56 penumpang, termasuk satu anak dan dua bayi, dan 10 awak, kata EgyptAir. Mereka termasuk 30 warga Mesir dan 15  Prancis, bersama dengan warga 10 negara lainnya.

Pemerintah Kanada, Kamis mengatakan dua warga negara Kanada itu ada di pesawat dan Menteri Luar Negeri Stephane Dion mengatakan para pejabat Kanada bekerja dengan pihak berwenang untuk mengkonfirmasi jika ada warga Kanada lainnya berada di dalam pesawat tersebut.

“Seorang pria yang diidentifikasi sebagai berkebangsaan ganda Australia-UK juga ada di pesawat,” menurut Pemerintah Australia.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan tidak ada indikasi bahwa warga Amerika berada di kapal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper