Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MURAH: PPI Distribusikan 300 Ton Gula Kristal di Sulsel

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia mendistribusikan 300 ton gula kristal putih di Sulawesi Selatan melalui skema pasar murah guna mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Ramadan tahun ini.
Gula/Bisnis.com
Gula/Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia mendistribusikan 300 ton gula kristal putih di Sulawesi Selatan melalui skema pasar murah guna mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Ramadan tahun ini.

General Manager PPI Cabang Makassar, Mayer Simanjuntak, mengemukakan distribusi gula kristal putih itu akan dilakukan pada sejumlah daerah di Sulsel dengan menggandeng Disperindag setempat untuk memetakan tingkat kebutuhan per daerah.

Untuk tahap awal, lanjutnya, penyaluran komoditas itu dilakukan pada dua kota utama di Sulsel yakni Makassar dan Parepare dan memungkinkan bakal diperluas pada kabupaten/kota lain sesuai dengan kebutuhan.

"sejauh ini, kita siapkan 300 ton saja dulu dan diprioritaskan pada dua kota [Makassar dan Parepare]. Koordinasi dengan Disperindag untuk selanjutnya," paparnya di sela-sela Pasar Murah PPI di Makassar, Kamis (19/5/2016).

Distrbusi gula kristal putih itu telah dimulai perseroan pada akhir pekan lalu di Makassar yang dibanderol dengan harga Rp12.500 per kilogram.

Dia memerinci, alokasi gula kristal putih yang siap didsitribusikan di Makassar melalui pasar murah sebanyak 172 ton, kemudian Parepare 92 ton sedangkan sisanya merupakan stok untuk memenuhi permintaan masyarakat di daerah.

Secara keseluruhan, distribusi gula kristal putih itu dimaksudkan pula sebagai langka stabilisasi harga komoditas sekunder itu yang berpotensi mengalami lonjakan harga signifikan seiring dengan naiknya permintaan menjelang Ramadan.

"Sampai saat ini, gula yang kita jual melalui pasar murah sudah sekitar 10 kilogram di Makassar maupun Parepare. Kita perkirakan bisa optimal penyerapannya mulai pekan ini hingga Ramadan nanti," katanya.

Di sisi lain, distribusi gula kristal putih (GKP) melalui pasar murah dimaksudkan pula agar bisa diserap secara langsung oleh masyrakat tanpa melalui pedagang besar yang cenderung memanfaatkan laju konsumsi masyarakat.

Adapun GKP sebanyak 300 ton yang disiapkan perseroan untuk Sulsel dalam kerangka pasar murah itu didatangkan secara bertahap lantarann distribusi komoditas tersebut dilakukan pula pada daerah lain di regional Sulawesi.

Secara nasional, PPI sebelumnya juga telah melakukan serangkaian pasar murah di beberapa kota di Tanah air seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Madiun, Bali, Aceh dan Pelembang guna menjaga kestabilan harga GKP.

Khusus untuk pasar murah PPI di Makassar dihadiri pula Plt Dirjen Perdagangn Luar Negeri Kemendag Karyanto Suprih serta Kepala Dinas Perindag Sulsel Hadi Basalamah.

Menurut Karyanto Suprih, kementerian juga akan secara intens memantau pergerakan harga komoditas GKP untuk  memastikan stok gula sepanjang Ramadan hingga menjelang Lebaran mendatang.

"Salah satunya yang dilakukan PPI, apalagi BUMN ini merupakan stabilisator harga dan pemegang setok Gula Kristal Putih nasional. Kita ingin pastikan jika GKP ini betul-betul diserap oleh masyarakat," jelasnya.‎‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper