Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ibadah Haji: Hati-hati Pilih Biro Perjalanan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta masyarakat untuk waspada atau berhati-hati memilih perusahaan perjalanan atau travel terkait penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood

Kabar24.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta masyarakat untuk waspada atau berhati-hati memilih perusahaan perjalanan atau travel terkait penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Hal itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya penipuan atau permainan yang mengakibatkan calon jamaah ibadah umroh gagal berangkat ke Tanah Suci Makkah

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim Saifi Jamri mengimbau kepada masyarakat Kaltim, terkait pelaksanaan ibadah haji dan umroh, karena banyak travel yang belum terdaftar di Kemenag provinsi maupun Kemenag kabupaten/kota.

"Banyak sekali travel penyelenggara ibadah haji maupun umroh di Kaltim, di luar  sepengetahuan kami, karena itu bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji atau umroh harus memilih travel yang resmi," ujarnya seperti yang dikutip, Rabu (18/5/2016).

Menurut Saifi, kalau ada travel yang membuka cabang di Kaltim, seharusnya mendaftar di Kementerian Agama Provinsi maupun kabupaten/kota, dengan menyiapkan kantor seketariat serta pengurus, begitu juga dengan putugas yang akan mendampingi jemaah saat melaksanakan ibadah.

Kriteria tersebut seharusnya dilakukan travel kalau ingin membuka cabang di Kaltim tetapi sejauh ini sedikit sekali yang  mendaftar di daerah sehingga banyak  yang hanya menjadi kolektor dari cabang travel di Jakarta.

Masyarakat jangan mudah percaya kepada kolektor kalau tidak melihat kreteria pendirian suatu travel, misalnya apakah ada sekretariat, perijinan, kepengurusan dan lainnya.

Kalau itu tidak ada, perlu waspada karena banyak kejadian saat ingin beribadah tetapi batal, sementara para pelaku sulit dicari karena tidak ada alamat atau kantor yang jelas, sehingga masyarakat yang dirugikan.      

"Karena itu sekali lagi kami mengimbau kepada masyarakat, agar berhati-hati dalam memilih travel penyelenggara ibadah haji atau umroh. Jangan tergiur dengan penawaran biaya murah. Tetapi pastikan travelnya resmi dan bertanggungjawab,” kata Saifi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper