Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Provisi Fahri Hamzah: PKS Banding

Pihak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan bakal mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengabulkan permohonan provisi (tindakan sementara) gugatan perdata pemecatan Fahri Hamzah.
Presiden PKS Sohibul Iman/Antara
Presiden PKS Sohibul Iman/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Pihak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan bakal mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengabulkan permohonan provisi (tindakan sementara) gugatan perdata pemecatan Fahri Hamzah.

"Atas putusan pengadilan hari ini dalam gugatan perdata saudara Fahri Hamzah, kami akan mengajukan banding," kata kuasa hukum DPP PKS Zainuddin Paru di Jakarta, Senin (16/5/2016).

Langkah untuk mengajukan banding tersebut, diungkapkan oleh Zainuddin setelah pengadilan memutuskan untuk memberlakukan status quo dalam keputusan serta proses oleh DPP PKS, Majelis Tahkim PKS, dan Badan Penegak Disiplin Organisasi terkait dengan status Fahri di DPR dan partai.

Zainuddin menilai apa yang dilakukan PKS dalam mengambil sikap terhadap Fahri Hamzah, adalah kewenangan petinggi partai, terlebih majelis hakim juga belum mendengar jawaban pihak PKS sebagai tergugat.

"Hal ini bukan sengketa politik, terlebih pengadilan belum mendengar jawaban tergugat. Bagaimana bisa ada putusan tanpa mempetimbangkan dan mendengar jawaban dulu," ujar dia.

Ketua majelis hakim dalam persidangan tersebut, Made Sutrisna, menyatakan atas putusan provisi tersebut, pihak tergugat yaitu Presiden PKS Sohibul Iman, Wakil Ketua Majelis Tahkim Hidayat Nur Wahid, Ketua Dewan Syariah Surahman Hidayat, dan Ketua Badan Penegak Disiplin Organisasi Abdul Muis Saadih, berhak melakukan banding.

"Jika pihak tergugat keberatan dengan putusan provisi maka tergugat berhak mengajukan banding," ucap Hakim Made.

Atas keberatan yang diajukan oleh kuasa hukum tergugat, Hakim Made mengatakan keberatan tersebut akan dicatat dan menjadi pertimbangan untuk putusan akhir.

"Keberatan kami catat, secara tertulis pun juga bisa disampaikan. Kemudian tanggal 23 Mei persidangan akan dilanjutkan dengan agenda masih sama, mendengar jawaban tergugat," tutur Made.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper