Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SNMPTN 2016: Unsyiah Terima 1.990 Lulusan SMA/Sederajat

Sebanyak 1.990 lulusan SMA/sederajat peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2016 dinyatakan lulus dan diterima Sebagai calon mahasiswa Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah.
Logo Unsyiah/unsyiah.ac.id-.jpg
Logo Unsyiah/unsyiah.ac.id-.jpg

Kabar24.com, BANDA ACEH - Hampir 2.000 siswa lulusan SMA/sederajat diterima Universitas Syiah Kuala untuk menjadi calon mahasiswa baru.

Tepatnya, sebanyak 1.990 lulusan SMA/sederajat peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2016 dinyatakan lulus dan diterima Sebagai calon mahasiswa Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah.

"Peserta seleksi dapat mengetahui kelulusannya dengan cara mengakses langsung laman resmi SNMPTN http://www.snmptn.ac.id mulai, Senin (9/5/2016)," kata Humas SBMPTN Unsyiah, Ilham Maulana di Banda Aceh, Senin (9/5/2016).

Ia menjelaskan sebanyak 16.950 orang terdata sebagai peserta SNMPTN di Unsyiah.

Data tersebut menunjukkan bahwa porsi kelulusan peserta SNMPTN di Unsyiah hanya 11,7%.

Menurut dia jumlah kelulusan terbesar berasal dari Provinsi Aceh, yaitu sebanyak 1.785 orang, atau sebesar 89,7% dari total peserta yang lulus dan dari luar Aceh, porsi Sumatra Utara 7,8%, Sumatera Barat 1,7%, dan Riau 0,3%.

"Sejak mekanisme penjaringan SNMPTN diberlakukan, kelulusan peserta yang berasal dari Aceh ke Unsyiah selalu mendominasi," katanya.

Ia menjelaskan calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus tersebut masih harus mengikuti beberapa tahapan penting di Unsyiah sebelum secara resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Unsyiah.

Ada pun tahapan tersebut adalah verifikasi data akademik yang telah diunduh pada saat pendaftaran SNMPTN 2016.

Proses verifikasi dimulai pada 12 Mei, dengan penyerahan rapor dan semua dokumen asli kepada panitia di Gedung AAC Unsyiah.

Menurut dia, calon peserta yang dinyatakan tidak lulus verifikasi akan diberi kesempatan untuk melakukan klarifikasi pada 17-18 Mei 2016.

Sementara nama-nama yang lulus dan semua informasi tentang verifikasi ini dapat diperoleh di laman www.pmb.unsyiah.ac.id.

Selanjutnya, mereka yang dinyatakan lulus verifikasi dan juga yang dinyatakan lulus setelah klarifikasi masih harus mengikuti sosialisasi dan pengarahan proses pendaftaran ulang di Unsyiah pada tanggal 31 Mei 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper