Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sengketa Kepulauan Kuril: Putin dan Abe Bertemu. Penandatangan Dokumen Perdamaian Masih Jauh

Sengketa kepulauan Kuril antara Rusia dan Jepang masih jauh dari kata damai meski kedua pimpinan pemerintahan melakukan pertemuan hari ini, Jumat (6/5/2016).
Perumahan penduduk di Shikotan, sebelah selatan Kuril -kepulauan yang disengketakan Rusia dan Jepang./Reuters-Thomas Peter
Perumahan penduduk di Shikotan, sebelah selatan Kuril -kepulauan yang disengketakan Rusia dan Jepang./Reuters-Thomas Peter

Kabar24.com, MOSKOW - Sengketa kepulauan Kuril antara Rusia dan Jepang masih jauh dari kata damai meski kedua pimpinan pemerintahan melakukan pertemuan hari ini, Jumat (6/5/2016).

Tak ada dokumen yang akan ditandatangani pada pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Abe dan Putin diperkirakan akan bertemu di Rusia resor Laut Hitam Sochi pada hari Jumat.

Kantor Berita Tass mengutip pernyataan salah satu staf Putin Yuri Ushakov mengatakan penandatanganan perjanjian damai antara kedua negara merupakan masalah yang kompleks dan beragam, dan hanya dapat diselesaikan lewat hal-hal yang diterima oleh kedua belah pihak

Ushakov juga mengatakan akan memerlukan lebih banyak waktu dalam menemukan solusi akhir atas sengketa teritorial antara Rusia dan Jepang atas pulau-pulau Pasifik yang dikenal sebagai Wilayah Utara di Jepang dan Kuril Selatan di Rusia.

Sengketa teritorial telah mencegah kedua belah pihak untuk menandatangani perjanjian damai setelah Perang Dunia II.

Masalah dalam hubungan Rusia-Jepang hanya bisa diselesaikan dengan "membangun kemitraan lebih dekat di antara kedua negara

"Kami berharap kunjungan ini akan memberikan dorongan baru untuk pengembangan hubungan yang luas tidak hanya di politik, tetapi juga dalam perdagangan dan bidang ekonomi," katanya

Ushakov menyerukan kerjasama yang lebih di berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan dan teknologi dan budaya, dan pembentukan interaksi yang efektif di arena internasional.

Kedua belah pihak juga akan membahas situasi di Ukraina dan Suriah dan di Semenanjung Korea, kerjasama bilateral dalam kerangka internasional seperti PBB.

Ushakov mengatakan pembicaraan akan menjadi kesempatan Abe dalam "menyinkronkan pengamatannya" dengan Putin atas isu-isu utama internasional, termasuk krisis Suriah, yang akan dibahas dalam KTT G7 yang dijadwalkan pada 26--27 Mei di Jepang.

Abe diundang untuk berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Timur yang akan digelar Rusia di Vladivostok dari 23 September.

Hubungan antara Rusia dan Jepang memburuk setelah Tokyo bergabung dalam kelompok negara pemberi sanksi terhadap Rusia setelah krisis Ukraina.

TV Jepang NHK melaporkan hari Kamis (5/5/2016) bahwa Abe akan menawarkan rencana delapan poin atas kerjasama ekonomi bilateral dengan Rusia saat bertemu dengan Putin, termasuk kerjasama pengembangan minyak dan gas dan modernisasi pelabuhan dan bandara di Timur Rusia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Xinhua/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper