Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Timor Leste di Naktuka Terus Bertambah. Warga Amfoang, Kupang, Resah

Terus bertambahnya warga Timor Leste yang mendiami Naktuka membuat resah warga Kecamatan Amfoang Timur, Kupang, NTT.
Naktuka/wikipedia.org
Naktuka/wikipedia.org

Kabar24.com, KUPANG - Terus bertambahnya warga Timor Leste yang mendiami Naktuka membuat resah warga Kecamatan Amfoang Timur, Kupang, NTT.

Warga Timor Leste asal Distrik Oecusse yang bermukim di wilayah sengketa Naktuka kini menjadi 63 kepala keluarga atau sekitar 315 jiwa.

"Pada awalnya mereka hanya sekitar 40-an kepala keluarga, tetapi sekarang, berdasarkan hasil pendataan yang kami lakukan pada 2015, jumlah mereka sudah mencapai 63 kepala keluarga," kata Camat Amfoang Timur Anisitus Kase di Kupang, Jumat (6/5/2016).

Naktuka merupakan wilayah demarkasi antara Indonesia dan Timor Leste, namun kawasan seluas 1.690 hektare sudah dikuasai oleh warga Timor Leste asal Oecusse untuk berkebun dan membangun pemukiman.

Sebelum Timor Leste merdeka setelah 23 tahun lebih menjadi bagian dari NKRI, kawasan Naktuka di wilayah Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, NTT itu sudah digarap oleh warga dari Oecusse untuk berkebun.

Setelah Timor Leste merdeka, warga asal Oecusse itu tidak hanya berkebun, tetapi juga membangun pemukiman, sehingga membuat warga Amfoang resah dan tidak mau menerima aksi penyusupan untuk menguasai wilayah NKRI secara sistematis tersebut.

Wilayah Naktuka kemudian ditetapkan sebagai daerah demarkasi antara Indonesia dan Timor Leste, namun warga Timor Leste tetap melakukan aktivitas seperti biasa, dan malah mendapat dukungan dari pemerintahannya yang berkedudukan di Dili.

"Kami merasa seperti tidak dihargai. Dan, ini harus dilihat oleh Pemerintah Indonesia bahwa sebagian wilayah NKRI sudah dikuasai oleh warga negara lain," ujar Anisitus Kase.

Pada awal 2016, kata dia, hampir terjadi konflik antara masyarakat di Amfoang Timur dengan masyarakat Timor Leste di Naktuka, namun berhasil diredam oleh pemerintah dan tokoh masyarakat setempat.

Ia mengharapkan agar Pemerintah Indonesia dan Timor Leste segera mengambil langkah-langkah diplomasi untuk menyelesaikan wilayah demarkasi di Naktuka tersebut, karena hanya akan meninggalkan bom waktu bagi masyarakat Amfoang.

Sekretaris Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Kupang Thimotius Oktavianus yang dihubungi secara terpisah mengatakan hingga saat ini Pemda Kabupaten Kupang telah melakukan segala cara untuk memfasilitasi perundingan untuk menyelesaikan sengketa lahan di wilayah Naktuka itu.

"Pemerintah Kabupaten Kupang tidak bisa melangkah lebih jauh, karena persoalan Naktuka adalah persoalan harga diri bangsa yang hanya bisa diselesaikan oleh Pemerintah Pusat di Jakarta dengan Pemerintah Timor Leste yang ada di Dili," katanya.

Ia mengakui bahwa warga Oecusse yang menempati wilayah Naktuka, masih memiliki hubungan darah dengan warga Amfoang, sehingga tidak menginginkan adanya pertumpahan darah di antara sesama orang Timor.

"Kami hanya tidak ingin ke depannya timbul konflik antarmasyarakat walaupun masih ada hubungan darah antara warga kita dan warga Timor Leste," demikian Thimotius Oktavianus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper