Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPB Buka Program Studi di Luar Bogor

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan membuka program studi di luar Kota Bogor.
Institut Pertanian Bogor (IPB)/ipb.ac.id
Institut Pertanian Bogor (IPB)/ipb.ac.id

Kabar24.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan membuka program studi di luar Kota Bogor.

 “Sudah berdiri di Sukabumi, langsung membuka empat prodi (program studi),” katanya di Bandung, Rabu (4/5/2016).

Empat program studi itu, dua program D-3, yakni program keahlian diploma untuk jurusan teknologi dan manajemen ternak, serta jurusan teknologi produksi dan manajemen perikanan budi daya. Sementara untuk program S-1 adalah jurusan agronomi dan hortikultura, serta jurusan ekonomi pertanian, sumber daya, dan lingkungan. Keempat program studi itu sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ini.

Aher, sapaan Ahmad Heryawan, mengatakan, pemerintah Jawa Barat menyediakan lahan agar IPB membuka program studi di luar domisilinya di Bogor.

 “Tahun ini pemerintah Jawa Barat menambah 6 hektare lahan, dari lahan yang sudah ada 11 hektare. Jadi semuanya 17 hektare,” katanya.

Pemerintah provinsi berencana masih akan menambah lagi agar luas lahan kampus baru IPB di Sukabumi luasnya menembus 25 hektare.

“Akan menjadi kampus besar nantinya,” kata Aher.

Menurut Aher, pemerintah Jawa Barat meminta IPB memulai proses belajar-mengajarnya tahun ini, sembari menunggu penambahan fasililitasnya dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. “Proses belajar mengajarnya jalan dulu,” katanya.

Aher mengatakan, menyusul IPB, pemerintah Jawa Barat menggandeng Universitas Padjadjaran membuka program studi di luar domisili, yakni di Pangandaran. “Sekarang beres-beres dulu, mungkin lahan mulai mencicil di perubahan anggaran tahun ini,” katanya.

Sama seperti IPB di Sukabumi, Universitas Padjadjaran rencananya bertahap akan mendapat hibah lahan di Pangandaran menembus 30 hektare. “Lahannya nanti dibeli kita dan dihibahkan. Tidak menutup kemungkinan lahan sudah mulai dari sekarang, tapi bukanya tahun depan,” kata Aher.

Dalam rilis Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyebutkan, kampus IPB di luar domisili di Sukabumi itu diresmikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kemarin, 3 Mei 2016. Kampus IPB di Sukabumi itu sementara menempati kampus Politeknik Sukabumi di Jalan Babakan Sirna, Benteng, Kota Sukabumi. Pembukaan perguruan tinggi di luar domisili ini untuk memperbesar daya tampung Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Barat untuk mendongkrak angka partisipasi kasar perguruan tinggi.

Pendaftaran bagi mahasiswa baru program studi D-3 milik IPB di Sukabumi itu dibuka sepanjang Juli 2016. Sementara pendaftaran mahasiswa baru untuk program studi S-1 di kampus IPB di Sukabumi itu dibuka pada 11 Mei sampai 9 Juni nanti. Khusus program sarjana itu IPB menyelenggarakan ujian mandiri atau Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper