Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR PANJANG AKHIR PEKAN: Volume Tol Jakarta-Cikampek Naik 40% Hari Ini

Petugas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Jawa Barat mencatat ada peningkatan 40 persen kendaraan yang melintas di gerbang tol (GT) Cikarang utama, karena adanya lonjakan kendaraan memasuki musim liburan panjang.
Lalu lintas Tol Jakarta - Cikampek/Antara
Lalu lintas Tol Jakarta - Cikampek/Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Petugas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Jawa Barat mencatat ada peningkatan 40 persen kendaraan yang melintas di gerbang tol (GT) Cikarang utama, karena adanya lonjakan kendaraan memasuki musim liburan panjang.

"Volume kendaraan meningkat menjadi 108.947 dari prediksi semula 106.594 kendaraan yang melintas di GT Cikarang Utama,"kata Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Imam Abriyanto di Kota Bekasi, Kamis.

Menurut dia peningkatan ini melebihi libur Natal tanggal 23 Desember 2015 yaitu 107.071 kendaraan. Ia mengatakan pemberlakuan pelebaran jalan menjadi empat ruas jalan arah Cikampek dan dua masuk Jakarta dari Km 32-41 sudah dimulai pukul 12.00 WIB hingga sekarang.

"Pemberlakuan itu untuk mengurai kemacetan yang terjadi pada ruas lalu lintas arah tol Cikarang hingga Cikampek," katanya. 

Iwan menjelaskan kecepatan kendaraan yang melalui ruas jalan berkisar 40-60 Km per jam. Pemberlakuan buka tutup jalan di tempat istirahat pengemudi (TIP) sudah berlangsung pada Km 19, 33, dan 57, sedangkan Km 39 masih dalam persiapan. "Pemberlakuan buka tutup di TIP dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan arah Cikapek, Bandung, serta Cirebon," kata Iwan.  Menurut dia, untuk arah Cikarang Timur dan Barat lalu lintas tol terlihat lengang serta sepi. 

"Ini karena terjadi penumpukkan volume kendaraan di GT tol Cikarang utama arah Cikampek," katanya.

Ia mengatakan kemacetan itu karena di GT Cikarang utama termasuk gardu besar serta tempat berkumpulnya kendaraan yang mau menuju ke Jawa Tengah maupun kearah Jawa Barat (Bandung, Cirebon, dan lain sebagainya).

"Kemacetan ini didominasi oleh mobil-mobil pribadi dari pada truk muatan barang yang hendak berpergian ke Jawa Tengah," katanya. Feru Lantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper