Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM dan Petani di Kediri Belum Sadar Kemasan & Perdagangan Online

Banyaknya pelaku UMKM di Kabupaten Kediri yang belum menganggap penting kemasan produk dan petani yang belum memanfaatkan perdagangan online menjadi perhatian.n
Ilustrasi/hubdat.dephub.go.id
Ilustrasi/hubdat.dephub.go.id

Bisnis.com, KEDIRI - Banyaknya pelaku UMKM di Kabupaten Kediri yang belum menganggap penting kemasan produk dan petani yang belum memanfaatkan perdagangan online menjadi perhatian.

Pemkab Kediri mengadakan pelatihan tentang kemasan dan perdagangan online untuk 98 petani, pedagang, anggota Unit Pengelolaan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (UP3HP), karang taruna, dan PKK, Rabu (4/5/2016).

Melalui siaran pers, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Widodo Imam Santoso mengatakan kemasan yang baik dan penampilan yang menarik masih belum disadari pelaku UMKM dan petani ketika memasarkan produk.

“Pelaku UMKM dan petani masih berjualan secara tradisional, belum memanfaatkan media online untuk berjualan. Selain itu, kemasannya juga masih biasa. Oleh sebab itu, kami melatih mereka agar lebih maju usahanya,” katanya.

Melalui pelatihan itu, para petani dan pelaku UMKM diharapkan bisa meningkatkan mutu kemasan produk, mencakup bahan kemasan (bungkus) yang sesuai bagi produk, label dan desain yang menarik, dengan perhitungan analisis biaya kemasan yang matang.

Peserta juga diharapkan dapat memasarkan produk melalui media online, seperti media sosial, blog, dan toko online.

Selain Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, admin Grup Facebook Kuliner Kediri Raya dan Rumah Kemasan Modern “AA” dari Malang menjadi pemberi materi. Para peserta langsung mempraktikan materi di lokasi dengan menggunakan smartphone, tablet, maupun laptop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper