Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wali Kota Gorontalo Gratiskan Biaya Sekolah TK Hingga SMA

Tidak ada perbedaan antara siswa yang orang tuanya mampu dan kurang mampu, semuanya gratis jika sekolah di Kota Gorontalo.
Ilustrasi: Murid SD di Aceh saat mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional/Antara-Rahmad
Ilustrasi: Murid SD di Aceh saat mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional/Antara-Rahmad

Kabar24.com, GORONTALO - Ingin anak bisa sekolah gratis dari taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas? Jadilah warga Kota Gorontalo.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha menegaskan bahwa program pendidikan gratis berlaku untuk semua siswa mulai tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas.

"Tidak ada perbedaan antara siswa yang orang tuanya mampu dan kurang mampu, semuanya gratis jika sekolah di Kota Gorontalo," kata Marten, Selasa (3/5/2016).

Dia mengungkapkan, memang sering kali menerima pertanyaan dari sejumlah warga Kota Gorontalo, bahwa siswa yang orang tuanya mampu dari segi ekonomi masih gratis di sekolah, tapi karena sudah merupakan program maka harus dilaksanakan dan diterapkan tanpa pilih kasih.

Menurut dia, progam pendidikan gratis tersebut saat ini mampu untuk meningkatkan prestasi siswa, apalagi Pemerintah Kota Gorontalo akan menambah dengan pemberian beasiswa jika ada siswa punya prestasi yang menonjol pada bidang tertentu seperti seni, olahraga, budaya dan keterampilan serta pengetahuan lainnya.

Sejumlah warga Kota Gorontalo mengatakan, bahwa pendidikan gratis sangat membantu orang tua dalam menyekolahkan anaknya, sebab ada anak yang berprestasi tapi karena keluarganya tidak mampu terpaksa berhenti sekolah.

Kuma Kadir salah seorang warga Kota Gorontalo mengatakan, program pendidikan gratis sangat membantu dalam menyekolahkan anak-anak hingga sekolah menengah atas, sebab ini bisa berdampak tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena alasan orang tua tidak mampu.

Dia mengungkapkan, dirinya memiliki empat orang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar dan menengah pertama, karena dengan adanya pendidikan gratis maka semua dapat memperoleh ilmu pengetahuan.

"Saya hanya pengemudi becak motor dengan penghasilan rendah, makanya pendidikan gratis sangat membantu keluarga kami," kata Kuma.

Program dari lahir hingga meninggal gratis, yakni pengurusan akta kelahiran, kartu penduduk, sekolah, akta kematian dan surat-suratan lainnya, merupakan salah satu terobosan dari pemerintah daerah dalam mensejahterakan warganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper