Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenristekdikti Luncurkan 3 Program Reformasi Birokrasi

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan tiga program unggulan baru sebagai bagian dari upaya melakukan reformasi birokrasi.
Dosen/Ilustrasi
Dosen/Ilustrasi

Kabar24..com, TANGSEL - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan tiga program unggulan baru sebagai bagian dari upaya melakukan reformasi birokrasi.

Adapun ketiga program tersebut adalah penomoran ijazah online (PIN), sistem verifikasi ijazah secara elektronik (SIVIL), dan pusat informasi dan pelayanan terpadu (PINTU).

“PIN dan SIVIL diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengecek keabsahan ijazah sekaligus meminimalisir beredarnya ijazah palsu,” kata Menristekdikti M. Nasir di Puspiptek, Serpong, Senin (2/5/2016).

Selama 10 bulan terakhir, kemenristekdikti menerima setidaknya 118 surat permohonan verifikasi keabsahan ijazah baik perorangan, LSM, perusahaan, maupun instansi pemerintaha.

Pada periode tersebut, lebih dari 3.000 ijazah telah diverifikasi dengan hasil sekitar 90%-95% dinyatakan absah, sedangkan 5%-10% haris diklarifikasi oleh Kopertis dan perguruan tinggi terkait.

“Sistem tersebut akan terintegrasi dengan pangkalan data pendidikan tinggi, sehingga keabsahan lulusan perguruan tinggi akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikannya. Kami menargetkan September 2016 semua perguruan tinggi sudah melengkapi datanya dan bisa segera diaplikasikan,” tambahnya.

Program lainnya adalah PINTU akan menintegrasikan layanan publikasi di Kemenristekdikti misalnya layanan teknis perguruan tinggi, perizinan, informasi, dan pengaduan.

Layanan ini akan menerapkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi mulai dari sistem call center hingga hel desk ,sehingga diharapkan mampu meningkatakn efisensi pelayanan kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper