Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UNIVERSITAS PERTAMINA: 20 Persen Mahasiswa Akan Mendapat Beasiswa dan Biaya Hidup

Universitas Pertamina menawarkan program beasiswa dan tunjangan mahasiswa untuk mahasiswa baru.
Universitas Pertamina/pertaminafoundation.org
Universitas Pertamina/pertaminafoundation.org

Kabar24.com, JAKARTA - Universitas Pertamina menawarkan program beasiswa dan tunjangan mahasiswa untuk mahasiswa baru.

Beasiswa bebas seluruh biaya ditambah biaya hidup disediakan Universitas Pertamina untuk 20 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima.

"Kami menyediakan beasiswa prestasi dan ekonomi lemah seperti beasiswa bidik misi. Sekitar 15-20 persen kami akan menyediakan beasiswa bidik misi versi kami," kata Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka dalam konferensi pers ujian masuk Universitas Pertamina di Jakarta, Minggu (24/4/2016).

Menurutnya, 20 persen dari total 1.000 mahasiswa yang akan diterima di Universitas Pertamina akan dibebaskan biaya kuliah dan mendapat biaya hidup yang nilainya lebih besar dari beasiswa bidik misi yang diberikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pertimbangan nilai biaya hidup yang lebih besar dikarenakan lokasi kampus yang berada di wilayah Simprug, Jakarta Selatan, memerlukan biaya hidup lebih besar dibanding kota lain.

"Kita akan launching bidik misi versi kami, bukan versi pemerintah. Kalau pemerintah diberikan biaya hidup Rp1 juta, kalau kami mungkin lebih," jelas dia.

Selain itu syarat indeks prestasi yang harus dikejar tiap semester juga lebih tinggi dari yang ditargetkan pemerintah.

"Kalau dari Dikti kan IP-nya harus 2,75, kalau kami lebih tinggi, mungkin IP-nya minimal 3," kata Akhmaloka.

Nilai tersebut baru gambaran, belum ditetapkan dengan jelas.

Adapun persyaratan bagi mahasiswa yang berhak mendapat beasiswa ekonomi lemah disamakan dengan syarat beasiswa bidik misi yang diprogramkan pemerintah.

Selain beasiswa bidik misi, Universitas Pertamina juga memberikan beasiswa prestasi dengan cara menjaring calon-calon mahasiswa dengan mengadakan kontes kreativitas yang diadakan di SMA/SMK.

Vice President for Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan pihaknya mengadakan lomba kreasi inovasi seperti karya tulis ilmiah populer di bidang energi, manajemen komunikasi, dan juga karya lomba aplikasi digital.

"Kita juga ingin mendapat ide-ide dari siswa yang kreatif tersebut seperti dalam mengembangkan iklan atau komunikasi pemasaran," kata Wianda.

Beasiswa yang lainnya diberikan pada 20 persen calon mahasiswa dengan nilai tertinggi dari peserta Ujian Saringan Masuk (USM) Universitas Pertamina yang dilaksanakan hari ini.

Beasiswa tersebut berupa bebas 100 persen biaya Sumbangan Pengembangan Institusi sebsar Rp10 juta.

Sedangkan untuk 20 persen peserta dengan nilai tertinggi pada pelaksanaan USM gelombang kedua akan mendapat diskon biaya Sumbangan Pengembangan Institusi sebesar 50 persen.

Universitas Pertamina merupakan perguruan tinggi di bidang bisnis dan teknologi energi yang didirikan oleh PT Pertamina (Persero).

USM Universitas Pertamina angkatan pertama dilakukan hari ini dengan jumlah 1.300 peserta.

Universitas Pertamina yang berlokasi di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, membuka 15 program studi dengan enam fakultas.

Beberapa fakultas tersebut di antaranya Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi dengan program studi teknik geofisika, teknik geologi, teknik perminyakan, Fakultas Perencanaan dan Infrastruktur dengan program studi teknik sipil, dan teknik lingkungan, Fakultas Teknologi Industri dengan program studi teknik elektro, teknik mesin, teknik kimia, dan teknik logistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper