Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Remaja Bunuh Diri di AS Meningkat, Gara-gara Internet?

Tingkat bunuh diri di Amerika Serikat (AS) meningkat sebanyak 24 persen dalam waktu 15 tahun.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, FLORIDA - Tingkat bunuh diri di Amerika Serikat (AS) meningkat sebanyak 24 persen dalam waktu 15 tahun. Peningkatan ini termasuk kasus bunuh diri yang melibatkan gadis berusia antara 10 dan 14 tahun.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pusat Statistik Kesehatan Nasional AS, angka itu bertambah sekitar satu persen per tahun sejak 1999, diikuti naik menjadi dua persen dari 2006 sampai 2014.

Pertambahan itu dilihat dalam kalangan pria dan wanita dan untuk semua usia 10 sampai 74 tahun. Tingkat bunuh diri tertinggi adalah di kalangan gadis berusia 10 sampai 14 tahun, yang bertambah tiga kali lipat dari 0,5 per 100.000 pada 1999 menjadi 1,5 per 100.000 pada 2014.

Seperti yang dilansir Straits Times, Jumat (22/4/2016), laporan tersebut juga menyebutkan bahwa sebanyak 150 gadis dalam kelompok umur berkenaan bunuh diri pada 2014, peningkatan 200 persen sejak 1999.

"Kita menyaksikan semakin banyak anak meninggal karena bunuh diri. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Salah satu faktornya mungkin adalah akses ke media sosial, internet dan kasus intimidasi cyber. Golongan muda terkena gejala ini terlalu awal dari seharusnya," kata direktur unit psikiatri anak dan remaja Rumah Sakit Zucker Hillside di Glen Oaks, New York, Victor Fornari.

Sementara itu, jumlah kasus bunuh diri di kalangan pria berusia 10 sampai 14 tahun lebih tinggi dibandingkan perempuan tetapi tidak mengalami peningkatan atau masih sama sejak 15 tahun lalu.

Metode yang paling umum dari bunuh diri untuk laki-laki adalah dengan senjata api (55,4 persen). Sedangkan perempuan, dengan racun (34,1 persen).

Temuan tersebut mengangkat keprihatinan di antara para ahli kesehatan mental, yang mendesak dorongan baru untuk upaya pencegahan bunuh diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper