Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR: Kejar Terus Kaki Tangan Samadikun

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo meminta Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengusut kaki tangan buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLIB) Samadikun Hartono.
Samadikun Hartono. /
Samadikun Hartono. /
Kabar24.com, JAKARTA--Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo meminta Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengusut kaki tangan buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLIB) Samadikun Hartono.
 
Menurutnya, Jaksa Agung harus mengejar aset konglomerat yang tertangkap di Cina tersebut, baik yang di dalam maupun di luar negeri.
 
"Jaksa Agung harus jeli. Mereka lari tapi kaki tangannya masih di sini membangun sentra bisnis, ujar Bambang di Gedung Nusantara II DPR, Kamis (21/4/2016).
 
Pihak Kejaksaan Agung, ujarnya, harus tancap gas untuk memulangkan buronan yang sudah puluhan tahun kabur ke luar negeri, terutama para debitur BLBI.
 
Sementara itu, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan, buronan kasus BLBI Samadikun Hartono akan tiba di Indonesia malam ini melalui Bandara Halim Perdanakusuma.
 
Prasetyo mengatakan, saat ini Samadikun memiliki beberapa usaha baru di Tiongkok dan Vietnam setelah 13 tahun kabur dari Indonesia.
 
"Insya Allah nanti malam akan datang melalui Bandara Halim kiriman barang yang kita terima dari Bang Yos (Sutiyoso, Kepala BIN) di Shanghai. Buron yang sudah lama kita kejar dari 2003," ujar Prasetyo.
 
Sebelumnya, Menkopulhukam Luhut Panjaitan mengatakan, saat ini tim pemburu yang dipimpin oleh Jaksa Agung HM Prasetyo sedang berusaha membawa Samadikun ke Indonesia.
 
Tak hanya Samadikun, Luhut mengatakan, hal serupa juga akan dilakukan kepada semua tahanan korupsi yang saat ini masih buron dan tak kunjung menyerahkan diri.
 
"Kalau mereka kembali, kita buka tangan. Tapi, kalau tidak, kita kejar terus." ujar Luhut.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper