Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecil-kecil Jadi Pengantin, Bocah 13 Tahun Dinikahi Cowok 16 Tahun

Kalimat kecil-kecil jadi pengantin ini benar-benar dialami oleh dua anak ingusan asal China bernama Jie dan Wen.
Ilustrari pernikahan/Istimewa
Ilustrari pernikahan/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Kalimat kecil-kecil jadi pengantin ini benar-benar dialami oleh dua "anak ingusan" asal China bernama Jie dan Wen.

Jie berumur 13 tahun, lebih muda 3 tahun dari suaminya. Hebatnya lagi,  merereka menikah hanya tiga hari setelah bertemu di sebuah acara Tahun Baru China pada 2014, dan mereka tinggal di Provinsi Yunan.

Tak lama setelah menikah, Jie hamil pada usia di mana anak-anak lain masih sekolah, senang bermain dan berkumpul dengan teman-temannya.

Sebenarnya, ada aturan legal usia mereka yang boleh menikah di negeri Tirai Bambu itu, yakni 20 tahun untuk perempuan dan 22 tahun untuk laki-laki.

Pada zaman dulu, di era feodalisme, anak-anak di negeri itu memang kerap dinikahkan di usia dini, terutama perempuan. Namun, pernikahan antara dua bocah di bawah umur bukanlah hal biasa di sana.

Alasan pernikahan juga kompleks, mulai masalah tekanan ekonomi sampai menaikkan kelas sosial. Fotografer Muyi Xiao mengabadikan beberapa pasangan belia di China dan Jie adalah yang termuda.

"Setiap gadis yang saya temui di sini menikah sebelum berusia 18 tahun, beberapa di antaranya bahkan masih sangat muda. Sepertinya pernikahan dini di sana sesuatu yang biasa, menurun mulai dari para guru, orangtua, sampai anak-anak mereka," ujar Xiao.

Menurutnya, pernikahan dini di sana bukan karena paksaan orang tua tapi kemauan anak-anak itu sendiri.

"Mereka mengaku bahagia karena saling jatuh cinta," tuturmya.

Februari lalu, foto pernikahan dua remaja yang masih berusia 16 tahun tersebut menyebar luas di media sosial dan mendapat banyak tanggapan.

Kepada media lokal, pasangan muda itu mengaku, bahwa mereka mendapat dukungan dari orangtua yang juga membiayai pesta pernikahan itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper