Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasukan Angkutan Laut AS Bangun Jalan di Mentawai

Pasukan Angkatan Laut Amerika (US Navy) dan Pasukan Marinir TNI Angkatan Laut mulai bergiat melaksanakan pembangunan jalan, di Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Kamis (7/4/2016).
US Navy. Ilustrasi. /Reuters
US Navy. Ilustrasi. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  Pasukan Angkatan Laut Amerika (US Navy) dan Pasukan Marinir TNI Angkatan Laut mulai bergiat melaksanakan pembangunan jalan, di Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Kamis (7/4/2016).

Kabid Publikasi dan Dokumentasi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016, Kolonel Laut (P) Suradi Agung Slamet, di Jakarta, Kamis, mengatakan kegiatan ini merupakan program pembangunan infrastruktur berupa perbaikan jalan (Engineering Civic Action Program) dalam rangka "Komodo 2016".

Komodo 2016 merupakan kegiatan TNI Angkatan Laut bertaraf internasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 16 April 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai.

Kegiatan ini terdiri dari "International Fleet Review" (IFR) 2016, "15 th Western Pacific Naval Symposium "(WPNS), dan "2nd Multilateral Naval Exercise Komodo" atau Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016.

Kegiatan diikuti oleh Angkatan Laut dari 35 negara. Dalam latihan ini Angkatan Laut dari negara-negara berbeda secara historis akan bekerja sama menjalankan kegiatan dengan skenario latihan misi bantuan kemanusiaan seperti "Medical Civic Action Project" (Medcap) dan "Engineering Civic Action Project" (Encap), serta latihan dalam "Maritime Peace Keeping Operation" (MPKO).

Di hubungi secara terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Kolonel Laut (P) Edi Sucipto mengatakan, dalam kegiatan Latihan Komodo tersebut akan melibatkan 60 kapal perang dari 16 negara yang berpartisipasi dalam kegiatan itu.

"Kegiatan diikuti oleh Angkatan Laut dari 35 negara. Bahkan, Kepala Staf Angkatan Laut dari 20 negara akan hadir," imbuhnya.

Persiapan pelaksanaan kegiatan besar itu, tambah dia, terus dilakukan agar kegiatan itu berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper