Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2016, Perhutani Jateng Realisasikan Penjualan Kayu 7,94%

Perum Perhutani Jawa Tengah baru merealisasikan pendapatan dari penjualan kayu sebesar 7,94% dari target sepanjang tahun atau setara dengan Rp80,8 miliar hingga akhir Maret lalu.
Seseorang melintasi tumpukan kayu. /Bisnis.com
Seseorang melintasi tumpukan kayu. /Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG - Perum Perhutani Jawa Tengah baru merealisasikan pendapatan dari penjualan kayu sebesar 7,94% dari target sepanjang tahun atau setara dengan Rp80,8 miliar hingga akhir Maret lalu.

GM Komersial Kayu I Jawa Tengah Priyadi mengatakan jumlah tersebut lebih rendah dari target penjualan kayu yang ditargetkan pada awal tahun ini yang diharapkan bisa mencapai 20% dari target, atau sekitar Rp203,2 miliar.

"Target satu tahun mencapai Rp1,016 triliun. Pada kuartal I tahun ini, kami baru merealisasikan sekitar 7,94%-nya. Hal ini terjadi karena kayu baru belum banyak diproduksi, dan masih menghabiskan persediaan kayu dari tahun lalu," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (5/4/2016).

Untuk mengejar target pada kuartal II/2016 sebesar 50% dari target, pihaknya akan segera memulai produksi kayu. Dengan begitu, harapannya pasar bisa menyerap jumlah yang lebih besar dibandingkan kuartal sebelumnya.

Menurut Priyadi, keberadaan kayu baru menjadi daya tarik tersendiri bagi industri dibandingkan kayu lama. Selain itu, kualitas kayu baru juga dijamin lebih baik dibandingkan dengan kayu lama yang kurang peminat.

Untuk menunjang hal tersebut, sambungnya, Perhutani juga akan terus menyempurnakan sistem aplikasi online yang telah berjalan melalui situs tokoperhutani.com. Jaringan toko online tersebut baru saja diluncurkan pada bulan lalu.

"Masih dijumpai beberapa kendala di sistem online kami, misalnya pabrikan besar yang mau melakukan pembayaran transaksi dalam jumlah besar. Kami usahakan masalah ini bisa segera diselesaikan. Ini merupakan upaya kami meningkatkan pelayanan secara mudah dan aman," paparnya.

Penjualan melalui online berkontribusi sekitar 30% dari total penjualan sepanjang Januari-Maret tahun ini. Ke depan, Perhutani mempersiapkan agar seluruh transaksi penjualan bisa dilakukan melalui situs tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper