Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Boyolali Dapat 625.000 Kg Subsidi Benih Tahun Ini

Pada tahun ini Kabupaten Boyolali akan memperoleh bantuan subsidi benih sebanyak 625.000 kg dari Kementerian Pertanian.

Kabar24.com, SEMARANG--Pada tahun ini Kabupaten Boyolali akan memperoleh bantuan subsidi benih sebanyak 625.000 kg dari Kementerian Pertanian.

Seperti dikutip dari laman resmi Rabu (24/2/2016), Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikulturan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kab. Boyolali Supardi mengatakan melalui subsidi tersebut petani memperoleh bantuan sekitar Rp7.000/kg.

"Harga perolehan bibit padi di pasaran sekitar Rp9.000-Rp9.500//kg, sedangkan melalui subsidi ini, petani hanya perlu membayar Rp2.500/kg," tuturnya.

Berdasarkan ketentuan, masing-masing hektare sawah akan mendapatkan bantuan subsidi benih sebanyak 25.000 kg.

Dia memperkirakan pada awal Maret nanti atau sebelum panen masa tanam, bantuan subsidi benih telah didistribuskan ke calon penerima melalui kelompok tani.

"Bantuan berwujud benih padi tersebut nantinya akan didistribusikan ke 16 kecamatan di Kabupaten Boyololi. Sedangkan Kecamatan Selo, Musuk, dan Cepogo tidak mendapatkan bantuan karena wilayah tersebut tidak memiliki lahan pertanian," ungkapnya.

Adapun kualitas bibt padi yang akan diberikan meiliputi jenis Ciherang, IR 64, Situbagendit, Mikongga, Memberamo, dan PP. Setiap kecamatan akan memperoleh bantuan dengan jumlah beragam, tergantung luasan lahan yang ada.

Bantuan ini dimaksudkan untuk meringankan biaya sarana produksi padi petani, karena harga bibit padi di lapangan sangat mahal. Dia berharap subsidi benih dapat memacu produksi padi di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper