Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyuwangi Kembangkan Durian Merah

Pemkab Banyuwangi tahun ini memperbanyak benih durian merah varietas Balqis dari pohon induk yang ada dan telah terdaftar di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB).
Durian Merah./ILUSTRASI
Durian Merah./ILUSTRASI

Bisnis.com, SURABAYA - Pemkab Banyuwangi tahun ini memperbanyak benih durian merah varietas Balqis dari pohon induk yang ada dan telah terdaftar di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB).

Tahun ini ditargetkan tersedia 5.000 benih varietas durian merah balqis yang nantinya dikembangkan lebih luas lagi, ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dikutip dari laman Pemkab Banyuwangi, Jumat (19/2/2016). Anas mengatakan pengembangan komoditas hortikultura terus dilakukan Banyuwangi, termasuk untuk jenis durian merah. Dua varietas durian merah, yaitu balqis dan sunrise of java (SOJ), secara resmi telah diberi tanda daftar milik Banyuwangi oleh Kementerian Pertanian.

Pengesahan dua varian durian merah itu tertuang dalam SK Menteri Pertanian No. 143/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2015 untuk jenis durian SOJ dan SK Menteri Pertanian No. 142/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2015 untuk varian balqis.Anas menambahkan tahun ini Bumi Blambangan juga akan menduplikasi pohon induk durian Balqis demi pengamanan plasma nutfah durian tersebut.

Saat ini, di Banyuwangi telah ditetapkan lima wilayah sentra pengembangan durian merah, yakni di Kecamatan Kalipuro, Licin, Glagah, Giri, dan Songgon. Lima kecamatan itu dipilih sesuai asal pohon induk. Daerah-daerah itu memiliki topografi yang sesuai untuk pengembangan komoditas durian merah.Di Kota Osing, terdapat beragam varian durian merah yang dikelompokkan menjadi tiga bagian berdasarkan warna daging buahnya.

Pertama, durian merah blocking yang seluruh dagingnya berwarna merah. Kedua, durian merah pelangi yang dagingnya berwarna merah dan kuning. Ketiga, durian grafika yang dagingnya berwarna kuning, putih dan merah. Harganya pun semakin mahal, bahkan bisa mencapai Rp250.000 per buah.

Tidak seperti durian berdaging putih yang kandungannya didominasi zat gula dan karbohidrat, durian merah mengandung serotonin yang bisa mengobati insomnia, juga afrodisiak, tifohormon, dan titosteron sebagai penambah stamina. Ada pula kandungan antosianin yang bisa mencegah penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper