Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kaltim Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Dalam upaya percepatan peningkatan minat baca masyarakat, perpustakaan ataupun taman bacaan dan sejenisnya dapat diperluas keberadaannya di lokasi-lokasi fasilitas umum.
Anak-anak membaca buku di sebuah perpustakaan/JIBI-Wahyu Darmawan
Anak-anak membaca buku di sebuah perpustakaan/JIBI-Wahyu Darmawan
Bisnis.com, SAMARINDA - Dalam upaya percepatan peningkatan minat baca masyarakat, perpustakaan ataupun taman bacaan dan sejenisnya dapat diperluas keberadaannya di lokasi-lokasi fasilitas umum.
 
Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali mengatakan perpustakaan atau taman baca selayaknya tidak hanya disiapkan di sekitar kantor pemerintahan, tetapi perlu disiapkan di titik-titik pelayanan publik.
 
Misalnya, terminal bus, bandar udara, mall hingga rumah ibadah.
 
"Perpustakaan yang tersedia di provinsi, kabupaten, kota hingga kecamatan perlu terus ditingkatkan peran dan fungsinya. Demikian keberadaannya di pusat-pusat pelayanan publik," ujarnya seperti yang dikutip dari laman resmi Pemprov, Jumat (19/2/2016).
 
Pemprov Kaltim tetap memberikan perhatian dan dukungan untuk pembangunan serta pengembangan perpustakaan demi peningkatan minat baca masyarakat.
 
Pemprov secara bertahap telah memberikan bantuan stimulan dalam berbagai jenis perpustakaan di Kaltim.
 
Bantuan ditujukan agar terjadi penguatan peran dan fungsi perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat.
 
Tidak kalah pentingnya, lanjutnya, adanya inovasi, ide kreatif dan membangun dari jajaran perpustakaan. Utamanya meningkatkan karya dan kinerja sehingga perpustakaan provinsi maupun kabupaten/kota tetap eksis di masyarakat.
 
Selain itu, perpustakaan keliling di setiap kabupaten dan kota perlu ditingkatkan pelayanannya dan diperluas jangkauannya hingga ke pelosok-pelosok desa.
 
Termasuk seluruh lembaga pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, hendaknya berupaya melengkapi koleksinya dengan bahan bacaan yang memadai.
 
"Terpenting adalah kehadiran perpustakaan di lingkungan keluarga. Dapat dimulai dari keluarga kita sendiri. Dimana setiap keluarga, sebaiknya menyediakan buku-buku bacaan untuk memenuhi kebutuhan informasi keluarga," tutur Bere

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper