Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati Demak Meninggal, Pemkab Berkabung 3 Hari

Pemerintah Kabupaten Demak, Jawa Tengah menyatakan berkabung selama tiga hari menyusul meninggalnya Bupati Demak Moh Dachirin Said pada Sabtu (13/2) siang, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setiyono.
Petugas mengangkat jenazah Bupati Demak Moch. Dachirin Said di Pendopo Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu (13/2/2016)./Antara
Petugas mengangkat jenazah Bupati Demak Moch. Dachirin Said di Pendopo Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu (13/2/2016)./Antara

Kabar24.com, DEMAK - Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setiyono mengatakan Pemerintah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menyatakan berkabung selama tiga hari menyusul meninggalnya Bupati Demak Moh. Dachirin Said pada Sabtu (13/2) siang.

"Masa berkabung terhitung sejak Sabtu (13/2/2016) hingga Senin (15/2)," ujarnya ditemui seusai mengikuti proses pemakaman Bupati Demak Moh Dachirin Said di kompleks makam raja-raja Demak, Minggu (14/2/2016).

Dia berharap selama masa berkabung para pegawai di lingkungan pemkab memahaminya. Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Demak Taufiq Rifai menambahkan semua pegawai tetap masuk kerja seperti biasa saat masa berkabung. Bahkan, lanjut dia, pelayanan publik juga tetap berjalan.

Bedanya, ujarnya, selama masa berkabung aktivitas yang dianggap berlebihan, seperti kegiatan yang bersifat berhura-hura atau bersenang-senang ditiadakan. Dalam rangka menghormati almarhum Bupati Demak Moh Dachirin, katanya, selama sepekan akan digelar tahlil di pendopo kabupaten.

Bupati Demak Mohh Dachirin Said yang meninggal dunia pada Sabtu (13/2) siang dimakamkan di pemakaman raja-raja Demak di kompleks Masjid Agung Demak, Minggu (14/2). Sebelum dimakamkan di makam raja-raja Demak, diawali dengan upacara pelepasan di Pendapa Kabupaten Demak yang dipimpin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sementara Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko tampak menyertai proses pemakaman hingga selesai. Wagub Jateng Heru Sudjatmoko mengatakan roda pemerintahan akan diteruskan oleh wakil bupati hingga akhir masa jabatan.

Moh Dachirin meninggal dunia di Rumah Sakit Tlogorejo, Semarang, Sabtu (13/2) sekitar 13.40 WIB, setelah sempat dirawat selama dua pekan lebih. Pada hari yang sama jenazah dibawa pulang dan disemayamkan di Pendopo Kabupaten Demak sekitar pukul 16.30 WIB.

Lokasi makam almarhum di kompleks makam raja-raja Demak yang ada di belakang Masjid Agung Demak berdampingan dengan makam bupati terdahulu Tafta Zani. Tafta Zani yang merupakan bupati periode 2011-2016 itu, meninggal saat menghadiri acara silaturahmi dengan warga Demak yang tinggal di Batam pada Maret 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper