Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa asal Surabaya Ini ciptakan Tangga Penghasil Listrik

Energi listrik merupakan kebutuhan dasar manusia yang semakin hari kian meningkat. Oleh karena itu, energi alternatif sangat dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.Berawal dari itu, dua mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 45 Surabaya, Raditya Jalu Atmojo dan Syaiful Efendi menciptakan tangga yang bisa menghasilkan energi listrik. Alat ini menyimpan energi listrik dari setiap pijakan orang yang menggunakan tangga.
/quints
/quints

Bisnis.com, JAKARTA—Energi listrik merupakan kebutuhan dasar manusia yang semakin hari kian meningkat. Oleh karena itu, energi alternatif sangat dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Berawal dari itu, dua mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 45 Surabaya, Raditya Jalu Atmojo dan Syaiful Efendi menciptakan tangga yang bisa menghasilkan energi listrik. Alat ini menyimpan energi listrik dari setiap pijakan orang yang menggunakan tangga.

Penggunaan tangga statis tersebut seperti tangga pada umumnya. Supaya efektif, tangga diletakkan di lokasi yang ramai, seperti perkantoran. Sebab, semakin sering dilewati, maka energi listrik yang dihasilkan akan semakin besar.

Cara kerja tangga statis cukup sederhana. Saat dipijak, tuas gear yang terpasang pada tangga akan berputar. Kemudian, rodal gila yang terhubung dengan alternator akan menghasilkan listrik. Listrik tersebut lalu disimpan dalam aki.

"Listrik yang dihasilkan dari tangga statis ini lumayan bisa dipakai untuk penerangan pada ruangan atau menambah daya ponsel," ujar Raditya seperti dilansir dari laman resmi, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Dia menambahkan, tangga tersebut mampu menghasilkan listrik yang lebih besar, seperti genset. Namun, untuk melakukannya harus mengubah inverter yang lebih besar supaya bisa dipakai penerangan pada gedung yang lebih luas lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper