Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Lereng Gunung Merapi Perlu Waspada Longsor

Masyarakat di lereng Gunung Merapi dan Merbabu diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan akan bencana tanah longsor, menyusul mulai tingginya curah hujan pada bulan ini.
Gunung Merapi.
Gunung Merapi.

Kabar24.com, SEMARANG--Masyarakat di lereng Gunung Merapi dan Merbabu diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan akan bencana tanah longsor, menyusul mulai tingginya curah hujan pada bulan ini.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Boyolali Nur Kamdani mengatakan kewaspadaan adalah hal penting, agar warga bisa tanggap dalam upaya mengambil langkah penyelamatan.

"BPBD Kabupaten Boyolali telah menyurati beberapa kecamatan perihal kewaspadaan akan bencana tanah longsor, banjir, dan puting beliung," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi, Rabu (10/2/2016).

Pemetaan wilayah rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Boyolali meliputi enam wilayah kecamatan, yaitu empat wilayah kecamatan di lereng Gunung Merapi dan Merbabu, dan dua kecamatan di wilayah Boyolali Utara.

"Meliputi Kecamatan Selo, Cepogo, Musuk, Ampel, Klego, dan Kemusu," sebutnya.

Wilayah tersebut memiliki struktur tanah berpasir dan gembur, sehingga mudah longsor. Menurutnya, saat ini longsor terjadi dalam skala kecil, sehingga bisa diantisipasi oleh masyarakat setempat.

Lalu, daerah rawan bencana puting beliung terletak di kecamatan Karanggede, Klego, Nogosari, dan Ngemplak.

Sementara itu wilayah rawan angin topan terletak di kecamatan Cepogo, Boyolali, Mojosongo, dan Musuk.

Beberapa wilayah lainnya seperti Ngempal, Sawit, dan Sambi, perlu waspada terhadap bencana banjir, karena dilewati anak sungai Bengawan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper