Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA TAIWAN: 12 Orang Tewas, Ratusan Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

Gempa yang melanda Taiwan telah menewaskan sedikitnya 12 orang yang sebagian besar tinggal di apartemen 17 lantai yang runtuh. Sejumlah warga masih belum ditemukan di wilayah reruntuhan karena hari mulai gelap.nn
Ilustrasi gempa/Reuters
Ilustrasi gempa/Reuters

Bisnis.com, TAIWAN - Gempa yang melanda Taiwan telah menewaskan sedikitnya 12 orang yang sebagian besar tinggal di apartemen 17 lantai yang runtuh. Sejumlah warga masih belum ditemukan di wilayah reruntuhan karena hari mulai gelap.

Dari 12 belas warga yang tewas, satu bayi masih berumur 10 hari ditemukan meninggal di pelukan ayahnya yang ikut menjadi korban tewas.

Tim penyelamat saat ini tengah mengevakuasi korban selamat menggunakan tangga dan crane dan berhasil menyelamatkan sekitar 240 orang yang sempat terjebak di reruntuhan. Sekitar 100 orang dilarikan ke rumah sakit.

Gempa berkekuatan 6,4 magnitude yang menghantam pada pukul 4 dini hari membuat orang bertanya-tanya tentang pembangunan gedung Wei-guan Golden Dragon di selatan kota Tainan.

Badan pusat bencana setempat mengatakan sembilan gedung yang berada di wilayah sekitar apartemen yang dihuni sekitar 2 juta warga tersebut telah runtuh dan lima gedung lainnya miring dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

Namun, kepala pemadam kebakaran setempat mengatakan upaya penyelamatan difokuskan pada blok apartemen karena tercium bau gas bocor.

"Saya sedang melihat TV dan tiba-tiba ada guncangan lalu saya mendengar ledakan. Saya membuka pintu besi saya dan melihat gedung di seberang telah runtuh," kata Chang, laki-laki 71 tahun.

Di saat yang sama, seorang tukang ledeng mendengar wanita menangis yang meminta pertolongan.

Dia minta saya untuk masuk ke apartemen untuk menyelamatkan suaminya dan anaknya. Namun, saya takut jika ada ledakan gas jadi saya tidak masuk. Saat itu banyak orang lain yang minta tolong, tapi tangga saya tidak cukup panjang sehingga tidak bisa menolong mereka, katanya.

Survei geologi Amerika Serikat mengatakan gempa ini berpusat di 43 kilometer dari tenggara Tainan di kedalaman 23 kilometer.

Pemerintah setempat mengatakan ada 96 unit apartemen di bangunan Golden Dragon dengan penghuni sekitar 256 warga. Diperkirakan warga yang berada di dalam apartemen saat kejadian melebihi jumlah tersebut. Walikota William Lai menyatakan 5 orang hilang dalam bencana ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper