Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Ada Bayi Lahir Sejak 1987, Akhirnya Kota Ini Kedatangan Seorang Bayi Lagi

Sebuah kota kecil di Italia merayakan kedatangan bayi pertama yang lahir di kota itu sejak tahun 1980-an.
Bayi/independent.co.uk
Bayi/independent.co.uk
Bisnis.com, JAKARTA--Sebuah kota kecil di Italia merayakan kedatangan bayi pertama yang lahir di kota itu sejak tahun 1980-an.
 
Wali kota Ostana, sebuah kawasan pegunungan di Piedmont, mengatakan bahwa kedatangan bayi itu merupakan "mimpi yang menjadi kenyataan" untuk kota kecil yang jumlah penduduknya terus merosot sejak seabad terakhir.
 
Pablo, nama bayi yang lahir di sebuah rumah sakit di Turino, pekan lalu, meningkatkan jumlah penduduk kota itu menjadi 85 orang. Itu pun hanya separuhnya yang betul-betul penduduk tetap sebagimana dikutip BBC.co.uk, Jumat (29/1/2016)
 
Wali kota Ostana, Giacomo Lombardo, mengatakan bahwa pada tahun 1900-an, ada sekitar 1.000 orang yang merupakan penduduk Ostana.
Namun penurunan tingkat kelahiran terjadi sejak Perang Dunia Kedua.
 
"Penurunan nyata bermula pada 1975, hanya ada 17 bayi yang dilahirkan antara 1976 hingga 1987 saat bayi terakhir dilahirkan, sampai kemudian lahir si kecil Pablo kemarin," katanya.
 
Ostana berusaha membalikkan kecenderungan penurunan populasi, khususnya dengan penciptaan lapangan-lapangan kerja baru.
 
Orang tua Pablo, Silvia dan Jose, sebetulnya sudah berencana pindah ke luar negeri lima tahun silam, namun membatalkannya setelah mendapat tawaran kerja, mengelola sebuah suaka alam di sekitar kawasan itu.
 
Banyak kota kecil di seantero Italia harus berjuang keras melawan depopulasi, merosotnya jumlah penduduk, terutama karena kaum mudanya bereksodus untuk mencari kerja.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper