Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Lebih lanjut, Webometrics juga merilis bahwa UI meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, Pencapaian UI sebagai Perguruan Tinggi dengan website terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT).

"Pengembangan website dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional menjadi salah satu strategi UI untuk menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas. Tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI saja melainkan bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat Global,” kata Anis melalui keterangan resmi yang diterima Kabar24, Minggu (31/1/2016).

Perolehan ini didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri atas empat indikator yaitu Presence merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google), Impact merupakan jumlah eksternal link unik yang diterima oleh domain web perguruan tinggi yang terekam search engine, Openness merupakan jumlah file dokumen yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine, dan Excellence merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016 yaitu Institut Teknologi Bandung yang mendusuki peringkat 2 di Indonesia atau peringkat 796 di dunia, Universitas Gadjah Mada menempati peringkat 3 di Indonesia dan menjadi peringkat 802 di dunia, Universitas Diponegoro diperingkat 4 se Indonesia dengan peringkat 1.442 di dunia serta Universitas Riau pada peringkat 5 di Indoneseia dengan menduduki peringkat 1.502 di dunia.

Seperti diketahui, webometrics merupakan sistem perankingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper