Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Egon Siaga, Areal Evakuasi Diperluas

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan perluasan areal pengosongan penduduk dari sekitar gunung Gunung Egon di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Gunung Egon di Kabupaten Sikka, NTT/Youtube
Gunung Egon di Kabupaten Sikka, NTT/Youtube

Kabar24.com, JAKARTA -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan perluasan areal pengosongan penduduk dari sekitar Gunung Egon di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menuturkan, PVMBG telah memberikan rekomendasi peningkatan status siaga.

"Rekomendasi PVMBG adalah memperluas radius yang harus dikosongkan, yang semula radius 1,5 km menjadi 3 km," kata Sutopo di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Dengan perluasan area evakuasi masyarakat yang tinggal di Desa Egon Gahar harus dievakuasi, karena berpotensi terkena awan panas, abu vulkanik pekat, dan lontaran batu pijar jika terjadi erupsi.

Sutopo menjelaskan, aktivitas vulkanik Gunung Egon naik menjadi Siaga (level III) dari sebelumnya status Waspada (level II). Kenaikan Siaga berlaku mulai Rabu (13-1-2016) pukul 06.00 WITA.

Peningkatan aktivitas kegempaan sangat signifikan sejak Selasa (12-1-2016) pukul 09.36 WITA hingga pagi ini. Kegempaan ini sangat terasa di Desa Egon Gahar di lereng tenggara Gunung Egon. Gempa vulkanik dalam dapat memicu peningkatan aktivitas vulkaniknya.

" BNPB masih berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah terkait dengan kenaikan status Siaga Gunung Egon ini," kata Sutopo.

Gunung Egon beberapa kali meletus yaitu pada periode 1888-1891, 1907, 1925, kemudian selama 79 tahun tidak dilaporkan adanya peningkatan aktivitas. Pada 28-1-2004 kembali meletus hingga Agustus-September 2004. Pada 15-4-2008 kembali meletus dengan indeks eksplosivitas (VEI) 2 dan ketinggian kolom letusan 5.700 m.

Dengan naiknya status Siaga Gunung Egon, maka saat ini dari 127 gunungapi aktif di Indonesia terdapat satu dalam status Awas (G. Sinabung), 5 status Siaga (G. Egon, Soputan, Lokon, Karangetang, Bromo), dan 14 status Waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper