Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakernas PDIP: Megawati Tegaskan Perlunya Pola Pembangunan Semesta Berencana

Indonesia dipandang perlu memiliki pola pembangunan yang terencana agar pembangunan nasional bisa berkelanjutan siapa pun yang jadi presidennya.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri/Antara
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Indonesia dipandang perlu memiliki pola pembangunan yang terencana agar pembangunan nasional bisa berkelanjutan siapa pun yang jadi presidennya.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan partai itu mendorong perubahan pola perencanaan pembangunan menjadi jangka panjang dan berkelanjutan.

Saat membuka rapat kerja nasional I PDIP di Jakarta, Minggu (10/1/2016) yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Megawati mengatakan perlunya pola pembangunan semesta berencana untuk Indonesia Raya.

"2016 bagi saya tahun menemukan kembali konsepsi untuk menemukan Trisakti, penjabaran konsepsi tersebut sudah disusun para pendiri bangsa, dalam pola pembangunan semesta Indonesia Raya, pengejawantahan UUD 1945," kata putri pertama Proklamator RI, Ir Soekarno tersebut.

Ia menegaskan pola itu diperlukan agar pembangunan nasional dapat berlangsung dengan berkelanjutan walaupun presiden berganti.

"Perencanaan semesta yang tidak hanya lima tahunan dasarnya kebutuhan dan kepribadian rakyat Indonesia sendiri," tegas Megawati.

Dalam kesempatan itu, ia mengkritik sejumlah program kementerian yang belum mencerminkan Nawacita.

"Dari kajian sementara pusat analisa dan pengendali PDIP masih ada perbedaan signifikan dengan implementasi program, sering ada perbedaan antara nawacita dengan program di kementerian," tegasnya.

Mega menyebut tahun 2016 sebagai tahun penemuan kembali pola pembangunan nasional berkonsepsi Trisakti.

Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan rapat kerja nasional I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Kompleks PRJ Kamayoran.

Presiden didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, mantan Wapres Try Sutrisno dan sejumlah jajaran kepengurusan partai tiba di lokasi pembukaan acara pada pukul 10.00 WIB.

Sejumlah kepala daerah yang hadir antara lain Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rakernas I PDIP periode 2015-2020 berlangsung sejak 10 Januari hingga 12 Januari 2016 di Kompleks PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper