Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WISATA RELIGI: Pemkab Bogor Siap Bangun Miniatur Masjid Terbaik Dunia

Masjid Al-Aqsha/Reuters
Masjid Al-Aqsha/Reuters

Bisnis.com, BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor akan menggenjot wisata religi dengan membangun miniatur sejumlah mesjid terbaik dunia di daerah Pasir Madang Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, sebagai langkah rencana jangka panjang sektor pariwisata pada 2016.

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan puluhan miniatur mesjid terbaik dunia tersebut akan dibangun di lahan seluas 215 hektare guna mewujudkan tiga misi Kabupaten Bogor, yakni kesalehan sosial, kesejahteraan masyarakat, serta mengembangkan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut.

"Kami berharap rencana pengembangan wisata religi ini akan mendorong percepatan pembangunan dan perekonomian wilayah Bogor Barat," ujarnya, Jumat (8/1/2015).

Nurhayanti mengatakan pembangunan pariwisata tersebut menggandeng pihak swasta yakni Yayasan Amanah yang sudah bergerak di beberapa sektor antara lain pendidikan, ekonomi dan pariwisata.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan meningkatkan sumber daya manusia dengan menggaet masyarakat sekitar sebagai tenaga managerial dan pemandu agar wisata religi tersebut bisa mendatangkan berbagai wisatawan domestik dan asing.

Dia mengatakan wisata religi tersebut harus menjamin wisatawan betah dan tertarik untuk terus datang berkunjung dibarengi dengan pelayanan optimal yang diberikan warga setempat.

"Kehadiran wisata religi ini akan memberikan solusi menekan angka pengangguran di Kabupaten Bogor. Dengan ini tentunya bisa menciptakan lapangan kerja, serta mampu merubah kultur masyarakat disana untuk lebih peduli dengan pendidikan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Amanah Harono Limin memaparkan, wisata religi akan dibangun dengan konsep miniatur-miniatur mesjid dunia dengan daya tampung pengunjung mencapai 200.000 orang. Adapun, miniature yang akan dibangunnya mencapai 300 orang pengunjung.

“Kami akan bangun 99 miniatur masjid dari 26 negara di dunia. Untuk tahap awal akan kami bangun 86 miniatur dahulu, nantinya disetiap halaman depan miniatur tersebut akan dibangun wisata kuliner sesuai dengan asal masjid negara itu berasal,” ujarnya.

Dia menambahkan pembangunan miniatur-miniatur mesjid akan memakan waktu enam hingga 12 tahun. Menurutnya, wisata religi tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi kaum muslim saja, tetapi di buka untuk wisatawan umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper